Selasa, 28 Oktober 2008

WEB 3.0


Ternyata proses penuaan tidak hanya dialami oleh manusia, dunia Internet juga mengalaminya. Terbukti saat ini mulai hangat pembahasan Web 3.0, web bertambah uzur? Joko Nurjadi


SEMAKIN TUA SEMAKIN BIJAKSANA, demikian seharusnya yang dialami manusia. Untuk teknologi, mungkin lebih tepat dikatakan semakin tua semakin canggih. Bukan teknologi namanya jika tidak menawarkan kecanggihan! Belum usai pembahasan pro dan kontra mengenai eksistensi Web 2.0 yang mulai dikenal sejak tahun 2004, dengan cepat mulai terdengar istilah Web 3.0 yang telah memikirkan wajah berikutnya yang akan ditampilkan bagi pengguna web. Istilah Web 3.0 mulai sering dibicarakan, walaupun terkadang masing-masing memiliki definisi sendiri mengenai pengertian Web 3.0. Tetapi satu hal yang jelas, Web 3.0 tentunya ingin mendeklarasikan diri sebagai generasi selanjutnya dari dunia world wide web. Sebagai sebuah tunas baru dunia web, Web 3.0 memaparkan berbagai pembaruan menyangkut penggunaan dan interaksi web.

Semantic Web

Sebelum memasuki pembahasan mengenai Web 3.0, kita akan mengenal terlebih dahulu apa yang disebut dengan semantic web, karena sering disebut bahwa Web 3.0 akan mengarah pada konsep semantic web ini. Istilah semantic web sendiri telah lebih dulu dikenal dibandingkan istilah Web 3.0. Semantic web merupakan pengembangan dari world wide web di mana content web ditampilkan tidak hanya dalam format bahasa manusia yang umum (natural language), tetapi juga dalam format yang dapat dibaca dan digunakan oleh mesin (baca: software). Seperti yang kita ketahui, website ditujukan untuk memberikan informasi kepada manusia. Misalnya saat menginginkan sebuah buku, Anda dapat menelusurinya pada search engine atau website tertentu hingga akhirnya mendapatkan buku tersebut. Misalkan terdapat pilihan dari berbagai kategori untuk mendapatkan buku yang dimaksud, mesin sendiri tidak dapat memutuskan dan melakukannya tanpa arahan dari manusia karena informasi tersebut diperuntukkan agar dimengerti hanya oleh manusia dengan menggunakan natural language. Kondisi inilah yang ingin diubah oleh semantic web. Semantic web akan memiliki informasi yang dimengerti oleh mesin, yang memiliki kecerdasan buatan hingga mampu menemukan dan mengintegrasikan informasi dengan mudah. Dengan demikian fungsi web menjadi wadah universal bagi pertukaran data, informasi, dan pengetahuan, yang dapat menghasilkan kecerdasan buatan yang dapat mengerti keinginan Anda, di mana semantic web dapat diinstruksikan untuk mengambil informasi sesuai kriteria tertentu Beberapa format dan spesifi kasi yang dikenal oleh mesin dalam semantic web antara lain adalah RDF (Resource Description Framework) dan OWL (Web Ontology Language).

RDF

Di balik teknologi Web 3.0, salah satu tulang punggungnya adalah format dan spesifi kasi yang memungkinkan komunikasi dan interaksi pada level mesin, W3C (World Wide Web Consortium) mendefi nisikan format metadata yang dikenal dengan RDF (Resource Description Format). RDF terdiri dari tiga komposisi, meliputi subject, predicate, dan object. Predicate merupakan komposisi yang menerangkan sudut pandang dari subject yang dijelaskan object, sementara subject dan object merupakan entitas. Object di dalam RDF dapat menjadi subject yang diterangkan oleh object yang lainnya. Dengan inilah object dapat berupa masukan yang dapat diterangkan secara jelas dan detail, sesuai dengan keinginan pengguna yang memberikan masukan. Contoh cara kerja RDF dapat diterangkan dengan satu contoh sederhana berikut, untuk mendefi nisikan “daun memiliki warna hijau”, maka “daun” direpresentasikan sebagai subject, “hijau” merupakan object, dan “memiliki warna” adalah predicate. Dengan menggunakan RDF, website dapat menyimpan dan melakukan pertukaran informasi antar-web. RDF telah digunakan pada aplikasi-aplikasi, antara lain:

1. RSS (RDF Site Summary).

RSS memberikan informasi update sebuah website tanpa pengunjung perlu mengunjungi website tersebut.

2. FOAF (Friend of a Friend).

Didesain untuk mendeskripsikan orang-orang, ketertarikan dan hubungan mereka.

3. SIOC (Semantically-Interlinked Online Communities).

Menerangkan komunitas online dan menciptakan koneksi antara diskusi berbasis Internet seperti message board, blog maupun mailing list.

OWL

Web Ontology Language atau OWL (bukan WOL) didesain agar dapat digunakan oleh aplikasi yang memroses informasi OWL berbasis XML dan dapat dengan mudah dipertukarkan antara mesin dengan operating system yang berbeda, dan bahasa aplikasi yang berbeda. OWL memiliki tiga sub-language (spesies), yaitu:

1. OWL Lite.

Mendukung pengguna yang memerlukan klasifikasi hirarki dan dalam batasan yang sederhana.

2. OWL DL.

Mendukung konstruksi seluruh OWL, tetapi hanya dapat digunakan pada batasan tertentu.

3. OWL Full.

Diperuntukkan bagi pengguna yang menginginkan maksimum penggunaan dan kebebasan sintaksis.

Wajah Web 3.0

Konsep Web 3.0 diarahkan sebagai web masa depan, tetapi masa depan yang bagaimana yang ditawarkan? Hal inilah yang terkadang masih menjadi perdebatan, tetapi bisa jadi tidak ada yang salah, karena mungkin sebagian besar pemikiran mengenai web masa depan tersebut sangat mungkin untuk terlaksana. Bagaimana wajah Web 3.0 menurut berbagai pengamat? Di antaranya adalah:

1. Realisasi Semantic Web.

Semantic web cukup dipercaya sebagai wujud dari Web 3.0, dengan kecerdasan buatan, Web 3.0 diharapkan akan merealisasikan konsep semantic web dan menjadi generasi selanjutnya dari WWW.

2. Evolusi 3D.

Tidak mengherankan bahwa kemampuan 3D selalu merupakan cerminan masa depan, evolusi 3D telah terjadi pada game animasi, dan lain-lain, walaupun saat ini masih belum mengubah mayoritas wajah web. Tampilan 3D bisa jadi memang dihindari oleh sebagian pengakses Internet karena tampilan dan proses 3D berarti pula pertukaran data yang lebih besar dan tentu berpengaruh pada kecepatan maupun biaya yang dikeluarkan. Tentunya, evolusi 3D ini hanya akan berhasil jika infrastruktur di masa mendatang telah mendukung pengguna Internet pada umumnya.

3. Web sebagai Database.

Masih sering kita dengar istilah web statik dan web dinamis, Skema OWL. web statik menunjukkan bahwa website tersebut selalu memberikan informasi yang sama sebagai respon pada setiap pengunjung yang mengaksesnya. Sementara web dinamis merupakan kebalikannya, di mana informasi yang diberikan website tersebut dapat berubah secara interaktif tergantung pada kondisi dan konteks yang distimulasikan oleh pengguna. Pada Web 3.0, diharapkan website merupakan database dan tentunya semakin interaktif dan dinamis kepada pengunjung, atau dinamakan dengan Data Web. Salah satu teknologi yang dikembangkan adalah SPARQL yang menyediakan bahasa query standard dan Application Programming Interface (API) untuk menelusuri database RDF yang terdistribusi pada website.

4. Executable.

Jika kita melihat kembali perjalanan web dimulai dari Web 1.0, maka dapat dikatakan bahwa pengunjung Web 1.0 hanya memiliki hak sebatas read-only, karena sebagai pengunjung Anda hanya akan membaca informasi yang ditampilkan Web 1.0 Tidak heran jika kemudian istilah yang sering dipakai saat mengakses Internet adalah “browsing”, fungsi browser Internet sebatas untuk melihat informasi dari satu website ke website lainnya. Pada Web 2.0, sebagai pengunjung Anda dapat melakukan kontribusi dan memiliki hak untuk read-write, di mana Anda dapat berperan aktif pada website tersebut. Istilah “sharing” mulai umum digunakan dalam konsep Web 2.0. Web 3.0, menambah lagi hak Anda menjadi executable mengizinkan Anda memodifi kasi website itu sendiri. Dapat disimpulkan untuk mewujudkan Web 3.0, maka harus didukung oleh kemampuan dan teknologi yang merealisasikan transformasi dari web yang terpisah secara aplikasi dan penyimpanan data, menjadi saling berinteraksi sesame mesin. Interaksi tidak hanya terjadi antara pengunjung dan website, tetapi juga di antara website itu sendiri dalam formatnya sendiri. Istilah World Wide Web bisa jadi berubah menjadi World Wide Database untuk menunjukkan database yang terdistribusi dan dimungkinkan dengan adanya teknologi yang mendukung semantic web.

Jika Semuanya Menjadi Mudah

Teknologi selalu dikembangkan untuk memanjakan manusia, tidak terkecuali konsep Web 3.0, apa yang Anda inginkan akan dapat dimengerti dengan cepat sehingga mengurangi waktu dan tenaga yang harus Anda keluarkan. Lalu, apakah teknologi juga akan mengurangi produktivitas manusia saat semuanya dipermudah dan diambil alih oleh teknologi? Tentunya tidak sebagaimana kita dianugerahi dan memiliki kekayaan alam yang berlimpah, tidak seharusnya kita menyianyiakannya dan terlena di atas kekayaan tersebut, melainkan menggunakan dan mengembangkannya lagi untuk generasi seterusnya. Semoga demikian pula cara kita dalam menyikapi teknologi.

_ http://en.wikipedia.org/wiki/Web_3.0

_ http://en.wikipedia.org/wiki/Semantic_Web

MEMPERSIAPKAN KOMPUTER ANDA UNTUK VISTA

Hampir setahun sudah sejak Windows Vista dirilis ke pasar retail pada 30 Januari 2007. Tentu setelah melihat perkembangannya sekarang Anda telah membuat rencana, terutama bagi Anda yang sudah lama menunggu sejak awal dirilis Gunung Sarjono

INDIKASI AWAL MENUNJUKKAN bahwa Windows Vista akan menjadi operating system paling komprehensif yang dibuat Microsoft, dan Aero Glass-nya sangat menarik. Namun, meningkatnya fungsi dan menariknya grafis ada harganya dan itu biasanya adalah hardware yang tinggi. Jika Anda ingin memanfaatkan semua yang ditawarkan Windows Vista, maka itu sudah pasti. Syarat minimal untuk menjalankan operating system Microsoft terbaru ini akan lebih tinggi dibanding operating system sebelumnya. Microsoft membuat dua klasifi kasi hardware berbeda, yaitu Vista Capable atau Premium Ready Komputer Vista Capable syarat hardware-nya lebih rendah dibanding Premium Ready. Selain lebih murah dan sedikit lebih lambat dibanding saudara kandungnya Premium Ready, perbedaan besar antara kedua sistem adalah komputer Vista Capable tidak bisa menggunakan Aero Glass. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan komputer Anda untuk menjalankan Windows Vista. Yang mengejutkan banyak dari syarat hardware mudah untuk dipenuhi, terlepas dari tuntutan operating system. Rintangan terbesar untuk menjalankan Windows Vista adalah kebutuhan video card, meskipun kebutuhannya tidak begitu tinggi jika Anda tidak berencana ingin menggunakan Aero Glass. Secara umum, mayoritas PC yang eksisting bias menjalankan Windows Vista dengan grafik standar 2-D. Mungkin tidak menarik untuk dilihat, tetapi sesuai dengan pengeluaran Anda.

Analisis Komputer Anda Apakah Siap Diupgrade

Sebelum melakukan hal lainnya, yang pertama harus Anda lakukan adalah men-download dan menjalankan Windows Upgrade Advisor. Utiliti ini akan memeriksa komputer Anda dan memberitahu versi Windows Vista yang bisa dijalankan komputer Anda. Perlu dicatat bahwa Upgrade Advisor hanya menunjukkan apakah PC akan bisa menjalankan Windows Vista atau tidak. Ia tidak menunjukkan syarat yang tidak dipenuhi PC Anda.

Cek CPU

Syarat CPU untuk Windows tidaklah terlalu tinggi. Supaya Vista Capable, komputer harus mempunyai CPU paling rendah 800 MHz. Sedangkan yang Premium Ready membutuhkan prosesor paling rendah 1 GHz. Kebanyakan komputer yang dijual beberapa tahun terakhir bisa memenuhi persyaratan tersebut.

Pastikan Memory Anda Cukup

Salah satu syarat hardware lainnya untuk Windows Vista adalah memory. Supaya Vista Capable, PC harus mempunyai RAM paling sedikit 512 MB. Komputer yang Premium Ready minimal harus mempunyai RAM sebesar 1 GB. Kebanyakan PC baru sudah memenuhi persyaratan ini atau bisa di-upgrade dengan biaya yang relatif murah.

Evaluasi Video Card Anda

Bagi Anda yang menantikan grafis 3-D Aero Glass, pastikan video card Anda sudah mendukung DirectX. Selain itu, video card juga disarankan kompatibel dengan WDDM (Windows display driver model—untuk penulisan driver). Supaya Premium Ready, video card harus mempunyai RAM video minimal 128 MB. Video card Vista Capable hanya membutuhkan video RAM sebesar 64 MB. Kecuali Anda ingin menggunakan Aero Glass, tidak ada alasan untuk mengupgrade video card eksisting jika sudah Vista Capable. Perlu diingat bahwa meskipun Aero Glass sangat menarik, mungkin tidak begitu dibutuhkan oleh sebagian besar aplikasi kerja. Sebelum Anda membuat rencana untuk meng-upgrade semua workstation perusahaan ke Vista, periksa kebutuhan sistem yang sebenarnya pada situs Microsoft Windows Vista Enterprise Hardware Planning Guidance.

Periksa Apakah Ruang Harddisk Anda Cukup

Dengan kapasitas harddisk yang terus-menerus meningkat, ruang harddisk yang tersedia biasanya bukanlah suatu masalah besar. Namun, Anda harus mengetahui kebutuhan ruang minimal untuk Wndows Vista. Periksa apakah system Anda mempunyai ruang yang cukup. Untuk menginstalasi Windows Vista, harddisk paling sedikit harus berukuran 40 GB dan minimal mempunyai ruang kosong sebesar 15 GB.

Pastikan Anda Punya Drive DVD

Windows Vista dikemas dalam DVD, jadi untuk menginstalasi operating system tersebut komputer harus ada drive DVD. Ini merupakan syarat lainnya yang cukup mudah untuk dipenuhi, karena drive DVD sudah menjadi lumrah atau hanya membutuhkan biaya upgrade yang relatif murah.

Edisi Vista Mana yang Anda Butuhkan?

Memilih edisi Windows XP sangat mudah. Ada empat variasi, yaitu Home Edition, Professional Edition, Tablet PC Edition dan Media Center Edition. Jika komputer ingin digabungkan ke Windows domain, edisi pertama dan terakhir keluar (MCE 2004 bisa gabung ke domain, tapi 2005 tidak). Kecuali Anda menginstalasi pada Tablet PC, tidak perlu TPCE. Pilihan logis untuk sebagian besar sistem adalah pada jaringan kerja adalah XP Pro. Sesuatunya jadi sedikit lebih rumit dengan Vista. Sekarang ada lima edisi: Home Basic, Home Premium, Business, Enterprise, dan Ultimate. Anda sudah pasti tidak akan menggunakan Home Edition pada jaringan kantor, tapi Anda mungkin bingung apakah harus memilih Business, Enterprise, atau Ultimate. Lihat tabel untuk membantu Anda memilih edisi yang sesuai. Windows Vista Home Basic cocok untuk komputasi rumahan seperti e-mail, browsing Internet, dan melihat foto. Anda bias dengan cepat menemukan apa yang Anda cari di PC dan Internet, dengan lingkungan yang aman untuk melindungi diri Anda dari dunia luar. Windows Vista Home Premium cocok untuk desktop rumahan dan komputer laptop. Edisi ini menawarkan produktivitas, hiburan, dan sekuriti yang Anda butuhkan di rumah atau di perjalanan. Windows Vista Business merupakan edisi Windows pertama yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis kecil. Edisi ini kurang lebih setara dengan XP Professional. Windows Vista Business merupakan pilihan pasti untuk bisnis Anda sekarang dan akan datang. Didesain secara khusus untuk menurunkan biaya TI dan risiko Windows Vista Enterprise bisa memenuhi kebutuhan organisasi besar dengan infrastruktur TI yang kompleks. Windows Vista Ultimate merupakan pilihan bagi Anda yang ingin mempunyai semuanya. Dengan edisi Windows Vista yang paling komplit ini Anda bisa dengan mudah berpindah dunia kerja dan hiburan. Ultimate menawarkan kekuatan, sekuriti, dan fitur mobilitas yang diperlukan untuk bekerja, dan semua fitur hiburan yang Anda inginkan untuk bersenang-senang.

Cek Kompatibilitas Aplikasi

Supaya instalasi Windows Vista bisa berjalan selancar mungkin, Anda harus memastikan bahwa aplikasi eksisting akan bias berjalan pada Vista sebelum menginstalasinya. Anda bisa mendownload dan menjalankan Application Compatibility Toolkit untuk mengidentifi kasi aplikasi yang mungkin tidak berjalan pada Windows Vista.

Back-up Data

Mem-back-up data merupakah salah satu langkah paling kritikal dalam meng-upgrade operating system. Sayangnya, langkah ini sering kali terlupakan karena saking gembiranya menginstalasi operating system terbaru. Selain mem-backup data, pastikan Anda mempunyai semua media instalasi dari software Anda yang eksisting dan lisensi yang diperlukan sebelum memulai instalasi.

Notebook = PC

Notebook harus memenuhi semua spesifikasi hardware yang sama dengan PC. Namun, masalah dengan notebook adalah jika kartu grafis tidak kompatibel maka tidak banyak yang bisa Anda lakukan untuk meng-upgrade

_ http://technet.microsoft.com/en-us/windowsvista/ aa905066.aspx

_ http://technet.microsoft.com/en-us/windowsvista/ aa905075.aspx

_http://www.microsoft.com/windows/products/ upgradeadvisor.mspx

_http://www.microsoft.com/technet/windowsvista/ evaluate/hardware/vistarpc.mspx

_ http://www.microsoft.com/technet/windowsvista/ appcompat/overvw.mspx

RESOLUSI TAHUN 2008

Tahun 2008 sudah di depan mata. Saatnya mengubah kesalahan dan kekurangan di tahun ini menjadi target yang positif di tahun depan. Tidak hanya bagian TI yang harus mencari cara untuk lebih baik lagi di tahun 2008, end user juga bisa melakukannya. Gunung Sarjono

PROFESIONAL TI tak henti-hentinya berusaha mengembangkan keahlian mereka dan memperluas pengetahuan serta bakat mereka untuk menjadi lebih baik lagi dalam pekerjaannya—mengapa end user tidak membuat cita-cita yang sama? Pengguna layanan TI (baik itu direktur, sales, akunting, atau bahkan mereka yang memberi layanan tersebut) bisa berusaha untuk menjadi warga TI yang lebih baik di tahun depan. Jadi untuk kemajuan user—dan sebagai penghargaan atas dukungan support selama satu tahun ini—berikut adalah rancangan resolusi untuk memperbaiki perilaku di tahun yang baru.

Biasakan Berhati-hati dalam Berpassword dan Kemudian Pelihara Mereka

Salah satu cara paling mudah untuk memberi kontribusi ke sekuriti perusahaan adalah dengan mengikuti prosedur pembuatan password. Ini tidak terlalu sulit, hanya saja sebagian besar orang malas melakukannya. Anda tidak memberitahu password dan tidak meletakkannya sembarangan. Tetapi, apakah mereka sekuat yang diharuskan? Apakah Anda menggunakan password yang sama untuk layanan lainnya? Apakah Anda mengganti mereka sesering yang diharuskan? Kebiasaan buruh tersebut harus dibuang jauh-jauh, baik itu di kantor maupun di rumah.

Ikuti Prosedur dalam Melakukan Permintaan Ke Support

Terlalu lama di lingkungan kerja yang kecil dan informal mungkin membuat Anda biasa langsung meminta kepada setiap orang yang ada untuk membantu mendapatkan software, mengonfi gurasi instalasi, dan troubleshooting masalah. Sekarang dengan bertambahnya karyawan, semakin formalnya perusahaan, dan semakin besar dan kompleksnya infrastruktur membuat dibutuhkannya suatu prosedur untuk melakukan permintaan. Tidak ada lagi, “Jon, ada waktu sebentar?”

Tangani Masalah Komputer Secara Lebih Ilmiah

Ambil screenshot pesan error atau tulis mereka dan catat hal yang dilakukan sehingga masalah itu terjadi. Berhentilah menggunakan intuisi yang akan mendorong Anda mengambil kesimpulan yang salah. Support tidak perlu mendengar teori Anda. Anda tidak perlu terlihat lebih bodoh dari yang sudah terlihat. Menghubungkan segala rincian yang ada menjadi tidak mungkin jika tertutup oleh hipotesis yang salah.

Lakukan Sedikit Bersih-Bersih

Tidak ada yang menyamai perasaan pada waktu melihat support membuka casing komputer Anda ada debu beterbangan dan rambut keluar. Ditambah lagi ada serpihan makanan. Bagaimana itu bisa masuk ke dalam casing? Atau Anda meletakkan mereka dekat keyboard sehingga tiba-tiba tulisan pada tombol [Enter] tertutup. Bahkan mouse sangat jorok. Anda tentu bisa lebih baik dari itu. Jangan mengganggap itu adalah pekerjaan dari office boy. Komputer tersebut juga adalah alat kerja Anda jadi tidak ada salahnya menjaganya tetap bersih demi kelancaran pekerjaan Anda sendiri.

Ikuti Kebijakan Download dan Instalasi pada Komputer Kantor

Memenuhi harddisk Anda dengan file dan aplikasi tambahan merupakan isu besar bagi mayoritas bagian TI, jadi jangan lakukan itu, karena nanti sistem bisa kepenuhan dan bermasalah. Jika tidak ada kebijakan yang mengatur itu, ini bisa menjadi titik awal.

Back-up Data di Komputer

Suatu ketika harddisk laptop Anda tidak berfungsi. Tak seorang pun bisa menjelaskan dan memperbaikinya. Bagi Anda yang telah lama bekerja di bagian TI tentu sadar pentingnya mem-back-up file. Back-up-lah semuanya.

Baca E-mail dari Bagian TI Setempat dan Pusat

Bacalah e-mail yang berhubungan dengan migrasi, upgrade, instalasi patch sekuriti baru, dan sebagainya, terutama jika subyek-nya “MOHON DIBACA!” Seburuk itulah kita user ini: bagian TI terpaksa harus memohon kepada kita melalui subjeknya.

Jaga Mailbox dalam Batas yang Rasional

Mungkin ada kesenangan tersendiri dalam menyimpan semua e-mail dan mencari-cari di dalamnya, tapi pada saat tertentu Anda harus menghapusnya. Atau paling tidak pindahkan atau arsip (archive) mereka.

Edukasi Diri Sendiri terhadap Sofwate, Prosedur, dan Teknologi Baru yang Mempengaruhi Pekerjaan

Mungkin Anda sedikit selektif. Ingin menguasai sesuatu yang menyenangkan dan powerful tapi malas pada waktu harus belajar mengenai hal yang biasa atau bermanfaat. Jadi tahun depan, berjanjilah untuk mengikuti semua pelatihan, baca instruksi yang disediakan oleh bagian TI, dan bersikap proaktif dalam mengembangkan keahlian diri Anda sendiri, bukannya merengek ke bagian TI atau ke kolega Anda tentang sesuatu yang sepele.

Jangan Menebak-nebak Support yang Membantu Anda Memperbaiki Masalah

Jika Anda memang pintar, perbaiki sendiri masalah tersebut.

Hal-Hal yang Dikeluhkan Support

Kita semua bekerja pada lingkungan yang berbeda, industri yang berbeda, dengan struktur bagian yang berbeda, instalasi yang berbeda, dan user yang berbeda. Tetapi sebagai support, kita semua bertujuan untuk membantu orang-orang dan computer supaya hidup harmonis. Meskipun hardware, software, dan orang-orang berubah, gangguan cenderung sama.

User yang Memaksakan Diagnosis Mereka Bukannya Menggambarkan Gejalanya

Contoh klasik adalah seorang direktur yang terus-menerus memberitahukan bahwa koneksi down setiap kali ia tidak bias browsing Internet atau masuk ke dalam SAP. Bukannya menggambarkan gejalanya, tetapi malah mengatakan “Koneksi down; tolong perbaiki.” Perilaku semacam ini sudah pasti menjengkelkan. Bukan mempersulit proses troubleshooting, tetapi juga sering kali sulit untuk membebaskan user ini dari kesalahpahamannya sehingga bisa saja mempunyai anggapan yang salah bahwa koneksi tidak andal.

User yang Menunggui Anda Sambil Bertanya-tanya pada Waktu Troubleshooting—dan Lebih Parah, Memberi Saran

Meskipun suka berbagi pengetahuan dan mengedukasi user, kita tentu tidak ingin melakukannya pada waktu berusaha untuk mengetahui mengapa user tidak bisa mencetak. Ini sangat mengganggu terutama pada waktu menghadapi masalah yang ternyata tidak bisa dipecahkan, karena pada waktu user memberikan pertanyaan yang tidak bisa kita jawab, itu menunjukkan ketidakkompetenan kita.

User yang Menyangkal Tidak Melakukan Apapun yang Bisa Menyebabkan Masalah

Ini merupakan fenomena “Apa? Zuma terinstalasi pada komputer saya? Saya betul-betul tidak tahu bagaimana itu bisa terjadi”. Pada satu contoh, seorang user menelepon help desk untuk mengeluh bahwa aplikasi tidak tampil pada layar plasma Setelah dilihat ternyata sebagian data dalam file konfigurasi telah diubah atau dihapus. Mereka secara tegas menyangkal telah melakukannya tetapi pada akhirnya mengaku bahwa tadi tidak punya tugas yang perlu dikerjakan sehingga coba-coba “mempelajari” aplikasi.

Diperlakukan Seperti User oleh Support dari Perusahaan Lain

Kita mungkin tidak ingin menghadapi masalah yang ternyata harus menelpon support pabrikan. Kita akan mencoba, membaca manual, mencari di Yahoo! sebelum menelepon nomor support pabrikan atas masalah yang tidak bisa dipecahkan. Harga diri kita mungkin tidak bisa menerima untuk menjawab pertanyaan paling mendasar: Apakah Anda sudah mengecek bahwa kabel printer terhubung dan printer dinyalakan? ARRRGGGH. Tolong langsung hubungkan ke support yang paling tinggi karena dijamin kita telah mencoba semua yang akan disarankan paling sedikit tiga kali.

Bagian Purchasing yang Mengubah Pengadaan

Kita mengerti dan menghargai bahwa sebagian peran dari bagian purchasing adalah untuk mendapatkan harga yang paling baik, tetapi kita tentu tidak suka pada waktu mereka mengganti suatu barang dengan apa yang mereka anggap ekivalen karena harganya lebih murah. Salah satu contoh adalah pada waktu meminta pengadaan memory untuk printer. Pada waktu datang tidak disadari bahwa yang diberikan adalah merk yang berbeda dengan yang diminta. Tetap saja tidak bekerja karena pada waktu mengecek dokumentasi diketahui bahwa merk memory tersebut tidak bisa digunakan. Mereka melakukannya karena harga merk memory tersebut hanya sepertiga dari merk yang diminta. Ternyata yang terjadi malah pemborosan hanya karena ini menghemat biaya.

Junk Mail Internal

Kita ingin mengurangi jumlah junk mail yang dikirim dalam organisasi, tetapi nampaknya hanya sedikit yang bisa dilakukan untuk menghilangkan lelucon, foto, dan film yang di-share secara internal. Kebijakan untuk mencegah atau bahkan melarang mail pribadi penggunaannya terbatas kecuali jika mail diperiksa secara manual. Jika hanya menggunakan sistem email perusahaan saja untuk mengirim mail pribadi bukanlah masalah besar, tetapi pada waktu orang-orang mulai secara bebas menggunakan “Everyone” atau membuat folder untuk “Resep”, “Basket”, kita cenderung sedikit terganggu. User yang menganggap sebagian dari pekerjaan kita adalah menghabiskan istirahat makan siang kita untuk memberitahu mereka bagaimana cara memperbaiki komputer di rumah mereka. Pada waktu suatu wawancara pekerjaan, calon atasan memberitahu bahwa ia hanya memperkerjakan orang yang “makan, tidur, dan memikirkan komputer 24/7. Bukan tidak ada salahnya terobsesi dengan komputer; hanya saja kita bukan orang seperti itu. Jika seperti itu, kita mungkin menerima saja pada waktu makan siang diganggu dengan “Setiap kali saya mengakses Internet, pesan ini muncul dan kemudian mouse diam. Apa yang terjadi?” Kita lebih dari sekadar senang membantu orang. Kita hanya tidak suka diminta melakukan suatu pekerjaan pada waktu istirahat.

User yang Mengeluh Tidak Bisa Menggunakan Suatu Aplikasi Baru, karena Mereka “Tidak Punya Waktu: untuk Mengikuti Training atau Membaca Dokumentasi yang Telah Anda Persiapakan dengan Saksama

Situasi ini sangat menjengkelkan karena biasanya, user benar-benar tidak punya waktu untuk mengikuti training atau membaca dokumentasi—jadi akan tidak adil jika saya menimpakan kekesalan pada user tersebut. Ini merupakan tanda dari suatu masalah yang jauh lebih besar yang mengharapkan terlalu banyak dari karyawan yang terlalu sedikit. Bukannya merasa jengkel terhadap orang-orang semacam ini, tetapi kita harus bersimpati terhadap mereka kerena mereka biasanya orang-orang yang paling banyak pekerjaannya dan paling tertekan dalam organisasi.

Dipanggil ke Kantor User untuk Mengatasi Masalah Penting, tetapi Diminta Menunggu

Ini tambah menjengkelkan pada waktu orang yang dimaksud sedang melakukan telepon pribadi untuk membicarakan rencana akhir pekan. Kita tidak tahu berapa lama harus menunggu. Jika langsung pergi terkesan kasar, tetapi jika kita menunggu selama selang waktu tertentu, pergi dan datang lagi beberapa menit kemudian hanya menambah total waktu yang terbuang Untungnya, pada user yang paling keras kepala, memperlakukan user seperti sales kartu kredit dengan meninggalkan merekan biasanya akan mendapatkan respon positif.

Posisi Bagian TI dalam Organisasi

Kebanyakan bagian mengetahui posisinya di dalam organisasi, tetapi tak seorangpun cukup tahu apa hubungannya dengan TI. Seringkali bagian TI dimasukkan ke dalam bagian lain, yang kemudian tidak bisa mengontrol resources TI dengan benar. Contoh lain, masing-masing bagian atau divisi mempunyai TI sendiri bisa saja mempunyai hubungan yang kurang jelas dengan TI perusahaan.

_ http://www.computerdust.com/clean-keyboard.html

INGIN BELI LAPTOP? LIHAT DULU FAKTOR BERIKUT

Harga laptop semakin turun. Namun, laptop murah bukan berarti laptop bagus. Pastikan laptop yang Anda beli memenuhi semua kebutuan komputasi Anda dengan melihat faktor-faktor berikut sebelum melakukan pembelian. Gunung Sarjono

LAPTOP SEDANG TINGGI-TINGGINYA. Jika dulu digunakan oleh para profesional dan eksekutif, sekarang banyak organisasi dan rumah yang menggunakan laptop untuk menggantikan komputer desktop. Adanya perubahaan kebiasaan dan kemudahan mendapatkan dan bergabung ke jaringan wireless, penjualan komputer laptop mulai melebihi desktop sejak pertengahan 2005. Namun, membeli laptop saja tidak otomatis menjadikan Anda user komputer mobile yang efektif. Dengan semakin ketatnya kompetisi, banyak toko perlengkapan kantor dan toko elektronik menjual laptop dengan harga rendah Masalahnya, karena ingin menekan harga, banyak dari laptop tersebut tidak begitu siap untuk komputasi dunia nyata. Berikut adalah faktor yang perlu Anda lihat pada laptop untuk membantu Anda dalam memilih model yang bisa memenuhi kebutuhan Anda.

Operating System

Sebagian besar laptop yang dijual di toko perlengkapan kantor dan toko elektronik besar sudah diisi dengan operating system Microsoft. Membeli PC yang dipasang Windows XP Home atau Vista Home Basic bukan merupakan persoalan paling tidak pertama- tamanya. Dalam banyak hal, malah terlihat menguntungkan. Mengapa Anda harus membayar lebih untuk edisi bisnis jika yang perlu Anda lakukan adalah menulis dokumen, mengolah spreadsheet, mengirim dan menerima e-mail dan menggunakan Internet? Namun, versi bisnis menawarkan banyak fitur yang mungkin saja nanti dibutuhkan. Selain itu migrasi dari lingkungan workgroup ke sistem client-server kadang diperumit dengan harus membeli lisensi Windows XP Professional atau Vista Business (belum lagi waktu dan biaya yang berhubungan dengan upgrading setiap komputer user) Operating system stand-alone biasanya tidak mendukung penggabungan ke domain maupun koneksi remote. Oleh karena itu pada waktu membeli laptop, pastikan sudah diisi dengan operating system yang akan memenuhi semua kebutuhan komputasi Anda.

CPU

Laptop yang diiklankan dengan harga menarik sering kali tidak mempunyai CPU yang kuat. Pada waktu memilih komputer portable, belilah model dengan CPU yang disesuaikan untuk komputasi mobile. Jika tidak, Anda bisa berakhir dengan laptop yang membutuhkan waktu 5 sampai 7 menit untuk masuk ke dalam Windows, pemakaian baterai yang singkat, dan tidak bisa menjalankan aplikasi yang Anda gunakan. CPU Intel Core 2 Duo mempunyai performa yang sangat baik. Selain tenaga pemrosesan yang besar, chip ini juga menggunakan energi yang lebih sedikit (sehingga pemakaian baterai bisa lebih lama) dan mengeluarkan panas yang lebih sedikit dibanding CPU Pentium sebelumnya. Laptop yang menggunakan chip ini (2.0 GHz dan lebih tinggi) bisa memenuhi semua kebutuhan komputasi untuk tiga atau empat tahun ke depan.

RAM

Banyak laptop Windows Vista yang dipasarkan mempunyai mempunyai RAM 1 GB. RAM sebesar itu memang lebih dari cukup untuk Windows XP, tapi biasanya tidak cukup untuk menjalankan sistem Vista secara lancar. Bagi user yang ingin menjalankan beberapa aplikasi secara simultan pada laptop Windows Vista sebaiknya isi laptop dengan RAM 2 GB Meskipun sebagian besar user tidak menganggap diri mereka sebagai power user, RAM 2 GB harus menjadi standar bagi user yang ingin menjalankan beberapa aplikasi Office sambil surfing di Internet dan mengecek e-mail. Bagi Anda yang ingin mengedit foto digital atau memainkan game pada sistem Vista juga harus upgrade ke RAM 2 GB.

Video Card

Performa grafi s pada komputer laptop terkenal buruk. Ini terutama untuk laptop berharga US$500-an. Operating system Windows Vista membutuhkan video card yang kuat untuk memaksimalkan fi tur barunya (mencakup interface Aero yang butuh banyak resource, menu tembus pandang, dan teknologi Flip 3D). Komputer Windows XP yang ingin menjalankan aplikasi teknik dan penggambaran tiga dimensi juga membutuhkan video card yang kuat, demikian juga game, apapun OS-nya. Pada waktu ingin membeli komputer laptop, pilihlah model yang paling sedikit mempunyai RAM onboard 128 MB. Jika Anda ingin menjalankan aplikasi teknik dan penggambaran, produksi video, atau games, Anda harus upgrade ke video card dengan RAM 256 MB.

Port

Banyak user beranggapan bahwa setiap komputer laptop modern mempunyai banyak port USB, dan juga port VGA, DVI serial, dan paralel. Mereka mungkin akan kecewa; untuk menekan harga, pabrikan mengurangi jumlah port pada laptop Laptop ekomonis seringkali hanya mempunya sepasang port USB, tanpa port serial, paralel, atau DVI dan hanya punya satu port VGA (jika port video memang ada. Pada waktu membeli laptop, lihat spesifi kasi teknisnya dan pastikan port yang dibutuhkan ada. Sebagian besar laptop sekarang sudah dilengkapi dengan NIC, mereka tidak selalu punya slot PC Card, jadi itu juga faktor lain yang harus dipertimbangkan pada waktu hendak membeli laptop.

Ukuran Layar

Pikirkan masak-masak kebutuhan monitor Anda sebelum membeli laptop. Anda mungkin berpikir bahwa yang Anda butuhkan adalah layar lebar 17-inci. Namun akhirnya, terasa terlalu besar. Kenapa begitu? Pikirkanlah bagaimana nanti Anda akan menggunakan laptop. Jika laptop nanti akan sering dibawa bepergian, menyimpannya ke tas pelindung, membawanya ke bandara, memasukkannya ke mesin pengawas barang, membawanya ke dalam ruang pertemuan, dan menentengnya ke mana pun Anda pergi akan sangat susah jika layarnya berukuran besar. Model dengan layar 12-inci lebih mudah dibawa bepergian ke dalam pesawat, dan kedai kopi. Mereka juga jauh lebih ringan, dan jika diperlukan Anda bisa memadukannya dengan layar 22-inci di meja Anda.

Wireless Terintegrasi

Hampir menjadi standar bahwa laptop yang dipasarkan sekarang ini sudah dipasangi kartu wireless (WiFi) 802.11g. Namun tentu saja itu bukan keharusan dan tidak semua model mempunyainya. Pastikan laptop yang ingin Anda beli mempunyai teknologi WiFi yang Anda butuhkan. Baca spesifi kasinya secara seksama untuk memastikan model ang Anda beli menyediakan konektivitas wireless yang dibutuhkan.

Bluetooth Terintegrasi

Teknologi bluetooth terintegrasi pada laptop dulunya merupakan barang mewah. Sebagian besar user sekarang mengasosiasikan Bluetooth dengan hands-free wireless yang digunakan pada telepon seluler, tapi Bluetooth juga semakin penting pada waktu hendak menghubungkan perangkat handheld ke laptop. Dengan teknologi Bluetooth, Anda bisa menyinkronisasi kontak, e-mail, kalender, dan daftar task ponsel ke laptop secara wireless. Teknologi Bluetooth juga bisa digunakan untuk menghubungkan mouse wireless ke laptop.

Touch Pad

Hampir semua laptop dilengkapi dengan touch pad dan tombol kliknya. Mempunyai touch pad atau pointer yang canggih tidaklah penting. Pastikan saja Anda memilih laptop yang mempunyai perangkat pointing yang Anda suka. Cobalah model yang ingin Anda beli untuk memastikan touch pad-nya nyaman. Meskipun Anda berencana untuk menggunakan mouse eksternal, ada kalanya Anda mungkin lupa membawanya dan hanya touch pad yang Anda punya.

Pemakaian Baterai

Pemakaian baterai sangat penting tapi bukanlah penghalang. Pada waktu membeli laptop, jika satu baterai tidak menyediakan masa pakai yang dibutuhkan, Anda bisa membeli baterai kedua. Namun, banyak user yang tidak mau direpotkan dengan membawa beberapa baterai. Biasanya, baterai laptop di-upgrade dari enam atau sembilan-sel ke 12-sel (jika ada). Baterai yang lebih besar bisa bertahan lebih lama, dan hal ini merupakan faktor penting bagi mereka yang bepergian melalui udara Perlu diketahui bahwa sel baterai yang lebih besar sering kali membuat ukuran baterai lebih menonjol. Dengan kata lain mereka bisa mengurangi estetika laptop. Bagaimanapun, tidak ada yang pernah mengatakan bahwa fungsionalitas tidak ada harganya._

_ http://products.amd.com/en-us/NotebookCPUFilter.aspx

_ http://www.intel.com/products/centrino/compare.htm

AMANKAN DARI GANGGUAN LISTRIK

Tanpa catuan daya listrik, PC Anda tidak akan berdaya. Namun, listrik juga yang memberikan serangan yang dapat melukai bahkan mematikan PC. Beragam perangkat dan cara dapat digunakan untuk melindunginya. B. Setyo Ryanto

UNINTERRUPTIBLE POWER SUPPLY adalah kepanjangan dari UPS. Beberapa juga mengenalnya sebagai uninterruptible power source. Namun, secara global lebih dikenal dengan sebutan pertama. Sesuai dengan namanya, UPS adalah perangkat yang biasanya menggunakan baterai backup sebagai catuan daya alternatif, untuk dapat memberikan suplai daya yang tidak terganggu untuk perangkat elektronik yang terpasang. Dari fungsinya ada dua macam UPS, yaitu offl ine UPS dan online UPS. Online UPS sering disebut juga sebagai line-interactive UPS. Keduanya memiliki perbedaan mendasar pada fungsi dan kegunaannya.

Offl ine UPS

Tipe UPS offl ine tetap dalam posisi idle, selama catuan daya yang diberikan normal. UPS offl ine baru beraksi jika terjadi power failure, battery backup UPS offl ine mengambil alih tugas sebagai sumber catuan daya

Online UPS

Berbeda dengan offline UPS, online UPS bekerja terus menerus, dengan perangkat yang memerlukan catuan daya darinya Sebagai catuan daya cadangan, biasanya menggunakan baterai lead-acid. Selama beroperasi UPS online juga melakukan recharge ulang agar baterai dapat sewaktu-waktu digunakan. Online UPS juga disebut sebagai line-interactive. Ini dikarenakan UPS tipe ini juga memberikan perlindungan tambahan selain dari power failure total dengan padamnya listrik Online UPS juga melindungi perangkat dari beragam gangguan yang dapat terjadi karena gangguan catuan daya. Itu sebabnya beberapa online UPS juga berfungsi sebaga power dan line conditioner. Kebanyakan UPS yang ditujukan untuk PC adalah online UPS ini. Sebenarnya penggunaan UPS tidak dikhususkan untuk digunakan pada PC. Beberapa perangkat elektronik yang juga sensitif terhadap gangguan listrik juga menggunakannya. Sebut saja perangkat telekomunikasi, di mana gangguan listrik dapat mengakibatkan berbagai macam risiko. Mulai dari risiko kecelakaan, gangguan secara bisnis, sampai hilangnya data penting. Itu sebabnya UPS memiliki beragam jenis, desain, dan ukuran. Mulai dari kapasitas minimal 200 VA, untuk sekadar dapat melindungi sebuah PC tanpa monitor, sampai UPS untuk sebuah data center dengan kapasitas ribuan KVA bahkan mega Watt. Untuk ukuran kapasitas yang sangat besar, UPS bahkan memerlukan generator untuk dapat bekerja optimal. Namun, UPS tetap berbeda secara fungsi dengan standby generator atau sering disebut sebagai genset. Jika generator atau genset tidak dapat melindungi dari gangguan catuan daya yang intermitten, generator hanya bertugas sebagai catuan daya pengganti dari penyedia aliran listrik (di Indonesia, PLN). Generator menggantikan catuan daya, sekiranya listrik padam. Namun saat perpindahan catuan daya listrik, ke sumber catuan daya dari generator, tetap memerlukan delay waktu yang akan terasa secara kasat mata. Ini akan terjadi, baik untuk generator otomatis maupun manual. Untuk lingkungan kerja di gedung dengan genset, UPS diletakkan untuk bekerja, baik untuk catuan daya normal maupun dari generator. Saat terjadi pemadaman listrik, catuan daya cadangan UPS akan mempertahankan perangkat bekerja normal, sebelum generator aktif secara otomatis atau manual. Penggunaan sistem terintegrasi antara UPS dan stand by generator ini, biasa disebut sebagai emergency power systems. Sebagai contoh pada data center dan beberapa perangkat telekomunikasi vital, rumah sakit juga menggunakannya baik secara total maupun parsial.

Common Power Problems

Kebanyakan orang memiliki anggapan UPS hanya akan berguna pada saat listrik padam. Dengan ketersediaan catuan daya cadangan dengan baterai, pernyataan tersebut memang benar. Setidaknya penggunanya memiliki kesempatan untuk melakukan proses penyimpanan data dan melakukan proses shutdown secara normal. Namun dengan maraknya ragam ketersediaan UPS, khususnya untuk UPS online, fungsinya tidak hanya itu saja. Ada beragam gangguan catuan daya yang mungkin terjadi Di sinilah fungsi UPS untuk mengkoreksinya. Inilah beberapa gangguan catuan daya dan beberapa gejala yang biasanya dirasakan:

1. Power failure atau padamnya catuan daya. Tandanya paling mudah dilihat, dengan tidak tersedianya catuan daya, baik lokal dari MCB ataupun dari PLN.

2. Voltage sag, turunnya tegangan di bawah rata-rata dalam waktu yang sangat singkat. Gejala yang dirasakan adalah meredupnya lampu pijar atau berkedipnya lampu TL (tungsten/ neon).

3. Voltage spike, lonjakan tegangan listrik (voltage) dalam waktu yang sangat singkat. Spike atau peak voltage ini biasanya dipicu oleh kerusakan akut pada perangkat elektronik lain.

4. Under-voltage (brownout), adalah tegangan listrik (voltage) rendah dalam waktu lama. Biasanya dapat dirasakan dari lampu yang meredup dari biasa, kecepatan kipas atau blower indoor AC yang melambat sendiri, sampai lampu TL yang gagal start. Penyebab gangguan ini bisa terjadi akibat ada perangkat dengan motor yang sudah terlalu panas (overheating).

5. Over-voltage, meningkatnya tegangan listrik dari batas normal dengan jangka waktu yang lama. Jika waktunya singkat maka disebut swell.

6. Line noise, gangguan distorsi pada gelombang sinyal listrik AC (alternate current). Gelombang sinyal AC seharusnya berupa gelombang sinusoidal dengan amplitude yang relatif tetap, line noise membuat pola gelombang ini terganggu. Line noise dapat disebabkan gangguan dari interferensi elektro magnetis.

7. Frequency variation, terjadinya variansi frekuensi dari standar normal frekuensi listrik AC (50 atau 60 Hz). Hal ini dapat terjadi dikarenakan perubahan speed dari perangkat listrik dengan motor.

8. Switching transient, terjadinya undervoltage (notch) yang terjadi dalam waktu yang sangat singkat. Notch ini hanya terjadi dalam satuan nanosecond, namun akibatnya mulai dari memory loss, data error dan/atau data loss, dan kerusakan pada komponen dalam jangka panjang. Pada linear power supply seperti pada CPU, hal ini bisa terjadi karena gangguan pada linear transformer yang digunakan.

9. Harmonic distortion, terjadi karena dua gemlombang elektromagnetik saling bertumpuk, membuat gelombang sinyal DC terganggu. Hal ini bisa disebabkan panas berlebihan pada kabel dan sekering. Kesembilan gangguan tersebut adalah gangguan dari catuan daya listrik yang dapat terjadi, juga dialami pada PC. Sedangkan UPS, khususnya online UPS yang diperuntukan untuk PC ditujukan untuk meminimalkan gangguan tersebut. Namun, tidak kesemua dari sembilan gangguan tersebut dapat teratasi. Beberapa produsen dan produk UPS tidak dapat mengatasi kesembilan jenis gangguan tersebut. Kebanyakan produk hanya dapat meminimalkan gangguan untuk kategori 3, 5, dan 9.

AVR

Beberapa UPS online yang kebanyakan ditawarkan untuk PC, juga dilengkapi dengan fungsi AVR (auto voltage regulator) Tambahan fungsi AVR memungkinkannya untuk menanggulangi gangguan-gangguan tambahan. AVR memungkinkan perangkat elektronik terlindungi dari voltage sag, voltage spike, brownout, dan over voltage. Perbedaaan antara arus listrik AC (alternating current) dan DC (direct current) membuat ada perbedaan beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ini juga berlaku untuk UPS. Berikut beberapa istilah yang sering digunakan.

Power Factor

Pada arus listrik DC, power merupakan hasil perkalian tegangan (volt) dan kuat arus (ampere). Power = volt x ampere Sedangkan, pada arus listrik bolak balik (AC) perhitungannya tidak sesederhana itu. Pada arus listrik bolak balik, arus listrik bergerak ke dua arah. Disebut sebagai reactive atau harmonic current/arus. Ini menyebabkan daya sesungguhnya yang digunakan berbeda jika sekedar mengalikan antara tegangan dan arus. Jika daya (apparent power) yang biasa sering disampaikan oleh produsen, biasanya daya hasil perkalian volt dan ampere (VA). Sedangkan konsumsi daya (actual power) sesungguhnya adalah konsumsi yang sesungguhnya (watt). Perbandingan keduanya disebut power factor. Sedangkan, actual power dapat dihitung dari hasil perkalian apparent power dikali power factor. Untuk perangkat komputer, perbedaan keduanya cukup mencolok. Hal ini lebih disebabkan karena kebanyakan perangkat PC bekerja pada arus DC, dan mengandalkan converter dengan power supply. Sehingga power factor (PF) ini perlu diperhatikan. Untungnya sekarang sudah banyak tersedia power supply unit (PSU) dengan power factor correction (PFC).

Mana yang Lebih Penting, Watt atau VA?

Seperti juga untuk PSU (power supply unit) untuk PC, salah satu spesifi kasi yang sering disampaikan untuk UPS adalah kapasitas maksimalnya. Pada UPS keduanya sama penting, baik rating VA maupun watt. Watt rating pada UPS akan menyatakan beban watt maksimal yang dapat dibebani. Sedangkan, rating VA menyatakan arus maksimal yang mampu dilewati. Jika salah satu di antara VA dan watt terlewati, UPS akan kelebihan beban. Power factor dari beban yang terpasang juga akan mempengaruhi terutama pada daya tahan baterai. Kebanyakan produk memperhitungkan daya tahan baterai tidak dengan beban maksimal sesuai kapasitas maksimalnya._

_ http://computer.howstuffworks.com/question28.htm

_ http://computer.howstuffworks.com/power-supply1.htm

_ http://computer.howstuffworks.com/surge-protector5.htm

_ http://www.howstuffworks.com/emergency-power.htm

_ http://en.wikipedia.org/wiki/Lead_acid_battery

_ http://apcc.com/power/power_event.cfm

_ http://www.belkin.com/avr/