Kamis, 30 Oktober 2008

Serba Gratis CD & DVD Tool

Sebuah drive optik bukanlah barang asing lagi pada kebanyakan PC. Namun, sudahkah Anda memaksimalkan penggunaannya? Dengan kumpulan software freeware yang tersedia di PC Media kali ini, Anda dapat lebih menberdayakan drive optik Anda. Dan semua software tersebut gratis!

Seiring dengan berjalannya waktu, media penyimpanan dengan drive optik baik CD maupun DVD perlahan tapi pasti menjadi makin populer. Kepopulerannya bahkan bisa disamakan dengan kepopuleran flopy disk drive (FDD) yang sejak zaman PC XT selalu menghiasi hampir setiap komputer yang ada.

Media CD ataupun DVD makin populer seiring dengan harganya yang makin terjangkau. Baik itu dari hardware drive yang dibutuhkan untuk read ataupun write, maupun medianya baik CD maupun DVD yang memang murah. Namun, tidak semua pengguna PC sudah memaksimalkan pengunaannya. Pada kesempatan ini, kami akan membantu Anda untuk memberdayakan drive optik Anda. Semuanya cukup dilakukan dengan mudah menggunakan kumpulan software gratis yang tersedia di CD PC Media edisi kali ini.

Bagi Anda yang memiliki majalah versi ekonomis, tidak perlu berkecil hati. Kami juga menyediakan informasi link situs di mana Anda dapat men-download-nya langsung. Tidak lupa juga ukuran file yang perlu di-download, agar Anda dapat mengestimasi waktu download yang dibutuhkan untuk men-download file yang bersangkutan.

Tidak Hanya untuk Proses Burning
Kami menyadari bahwa kebanyakan CD-R/RW drive dijual dengan paket penjualan yang dilengkapi dengan software burner. Sebagian dari Anda tentu sudah sangat familiar dengan Nero Burning ROM. Sayangnya, cukup banyak juga drive burner yang ‘hanya’ dilengkapi dengan software burner Nero Express. Cukup banyak fasilitas dari Nero Burning ROM yang menghilang pada Nero Express. Beberapa freeware kami kali ini akan melengkapi kekurangan tersebut.

Membeli versi Nero Burning ROM ataupun Roxio Easy CD Creator terkadang juga belum menjanjikan untuk dapat mengoptimalkan drive optik Anda. Burning suite tersebut belum dapat melakukan proses ripping ke MP3 dataupun DivX.

Atau Anda sudah memiliki putera ataupun puteri yang sudah Anda perkenalkan sejak dini. Banyak game yang bersifat mendidik yang memang menarik. Namun, kebanyakan dari game tersebut memerlukan CD yang tetap terpasang di dalam CD drive Anda. Seiring dengan waktu dan sedikit kecerobohan seorang bocah, dapat menyebabkan CD tergores sehingga terdapat gangguan saat digunakan. Di sini kami juga akan mencoba memberikan alternatif solusinya untuk Anda.

Akan cukup banyak kemajuan yang dapat dilakukan pada drive optik Anda dengan menggunakan freeware-freeware gratis di sini. Yang perlu Anda lakukan tinggal membaca ulasan kami kali ini, memilih freeware sesuai dengan kebutuhan, dan menggunakannya di PC Anda.

Mana yang Anda Butuhkan?
Kami akan mengategorikan software tersebut berdasarkan fungsi utamanya. Katakanlah burning software. Tidak semua drive burner dijual dengan paket penujalan yang dilengkapi dengan burning suite. Nero Express belum tentu memenuhi dan menjawab semua kebutuhan Anda. Mengandalkan kemampuan burn yang dimiliki Windows XP juga cukup menyedihkan. Jadi jika Anda memiliki sebuah drive burner dan merasa tidak puas dengan burner software Anda, coba tengok alternatif dengan kategori burning software.

Jika Anda pelaku audio ripping dengan maksud melakukan encoding dan mengubah format dari sumber CD-Audio, perhatikan kategori Audio Ripping. Ada beberapa yang sanggup melakukan ripping dari DVD-Audio, namun untuk sementara hal ini dapat diabaikan. Namun perhatikan juga kategori lain. Misalnya, ada beberapa burning software yang juga dilengkapi dengan kemampuan ripping dengan user interface yang demikian mudah.

Semoga pengategorian kami kali ini akan cukup membantu Anda dalam memilih freeware sesuai dengan kebutuhan. Dan sekaligus mengoptimalkan kemampuan drive optik Anda yang selama ini masih belum dieksploitasi.

Ringkasan Freeware

KENALILAH DRIVE OPTIK ANDA
Sebelum kita melanjutkannya, ada baiknya untuk mengenali dulu drive optik yang Anda miliki. Jika Anda termasuk pengguna PC sejati dan sudah mengetahui drive optik yang dimiliki, silakan melanjutkan ke halaman selanjutnya.

Anda tidak mengetahui drive optik apa yang dimiliki? Apakah itu CD-ROM, CD-R/RW drive, atau combo drive (DVD-ROM+CD-R/RW drive)? Atau bahkan Anda sudah memiliki DVD+R/RW drive, namun Anda tidak memilikinya?

Tidak usah malu. Memang ada beberapa drive yang tidak menunjukkan “identitasnya” pada panel depan yang dimiliki. Namun, hal ini sebaiknya dihentikan secepatnya. Kenali drive optik Anda sekarang juga!

Cara pertama adalah dengan melihat saat proses boot berlangsung. BIOS akan mencoba mengenali perangkat IDE yang terpasang, seperti harddisk juga drive optik Anda. Sayangnya, informasi yang dicantumkan di sini akan sangat tergantung pada firmware yang digunakan pada drive optik Anda.

Cara kedua ini akan lebih mudah. Anda tidak usah mengadu kecepatan mata dengan proses boot PC Anda. Cukup dengan menjalankan Nero InfoTool. Pada CD PC Media kali ini, kami menyertakan Nero InfoTool v2.21.

InfoTool dapat menampilkan berbagai macam informasi seputar drive optik Anda. Seperti tipe drive optik Anda (CD-ROM, CD-R/RW drive, dan seterusnya), kecepatan maksimal (read dan write), versi firmware, dan lain-lain. Bahkan juga menampilkan format yang didukung untuk proses read dan write (jika drive Anda memungkinkan). Pendek kata, Anda dapat “menginterogasi” drive optik Anda cukup dengan menggunakan tool yang satu ini.