Jumat, 31 Oktober 2008

Scanner and Camera Wizard Windows XP

Scanning dan mengatur foto lebih sederhana pada Windows XP. Dari mengarsipkan sampai mencetak, Anda dapat menemukan semuanya di sini.

Windows XP sangat baik dalam menangani media. Melihat foto atau file MP3 dalam Explorer dan Anda dapat mengetahui banyak hal tanpa harus membukanya karena Anda dapat melihat metadata file.

Untuk gambar, hal ini meliputi data EXIF dari kamera seperti kapan Anda mengambil foto (bukan kapan Anda meng-copy file tersebut ke PC) dan apakah flash menyala atau tidak. Untuk mempermudah Anda dalam menangani foto, XP mempunyai Scanner and Cameras Wizard yang membantu Anda mentransfer foto, scan gambar, dan menangani file gambar pada PC Anda.

Anda tidak perlu menggunakan Scanners and Cameras Wizard untuk mengakses foto. Kebanyakan scanner dilengkapi dengan software scanning mereka sendiri dan kebanyakan kamera digital tampil sebagai removable drive di dalam Explorer sehingga Anda cukup mengklik huruf drive untuk membuka mereka.

Gambar Anda mungkin tidak berada di dalam root drive, tetapi di dalam subfolder. Anda dapat menyeret gambar tersebut ke folder pada harddisk untuk meng-copy mereka ke PC, tetapi Anda harus menghapusnya sendiri dan Anda juga harus mengganti nama masing-masing file. Anda dapat melihat preview-nya dengan berpindah ke view Thumbnail, tetapi ini cukup lambat kecuali jika Anda mempunyai koneksi USB2.

Hal-hal yang Dapat dilakukan Wizard
Meskipun begitu, tidak ada salahnya mencoba wizard tersebut karena ia lebih dari sekadar memberi interface sederhana untuk memasukkan gambar ke PC Anda.

Pertama, ia dapat bekerja dengan berbagai macam perangkat, termasuk web cam dan juga kamera digital dan scanner. Banyak webcam mempunyai memory internal yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan foto. Hal ini membantu dalam melakukan fotografi singkat atau mengambil beberapa gambar dengan cepat.

Jalankan wizard dengan webcam dan Anda dapat melihat live preview untuk mengambil gambar. Selain itu, Anda dapat melihat gambar apapun yang diambil dengan webcam dan yang belum dihapus atau ditransfer.

Anda juga dapat menggunakan wizard dengan CD foto yang dibuat dari PC. Begitu Windows XP mengetahui bahwa Anda memasukkan CD yang berisi gambar, dialog AutoPlay akan menanyakan apakah Anda ingin menjalankan wizard untuk mentransfer mereka ke PC.

Setelah mentransfer foto, Anda dapat mengirim yang paling disukai langsung ke situs web Anda, atau mengirim mereka ke layanan online untuk mencetak mereka semua.

Men-scan dengan Mudah
Kebanyakan scanner dilengkapi dengan software scanning mereka sendiri, tetapi sepanjang ada driver TWAIN Anda dapat menggunakannya dengan software image editing manapun. Interface scanning di dalam Scanners and Cameras Wizard Windows XP sederhana dan ia mempunyai fitur utama yang Anda butuhkan untuk memasukkan gambar ke dalam PC.

Anda dapat memulainya dengan mengklik ganda scanner di dalam My Computer atau dari dalam suatu aplikasi jika ingin menggunakan gambarnya di situ. Jika Anda bekerja dari suatu aplikasi dan menemukan beberapa perangkat pada PC, pilihlah scanner dari Device with Removable Storage. Menu tersebut juga akan menampilkan kamera digital atau perangkat gambar yang lain yang terdapat pada sistem, karena Anda dapat memasukkan gambar dari kamera digital atau webcam dari situ.

Pada waktu men-scan gambar, tidak masalah apakah Anda memilih resolusi Web Quality atau Print Quality karena Anda dapat memilih apa sebenarnya yang diinginkan nanti dalam wizard.

Print Quality memberikan gambar yang lebih besar yang tampak baik pada waktu dicetak. Sebaliknya, Web Quality menurunkan resolusi gambar sehingga Anda mendapatkan file yang lebih kecil yang cukup untuk dilihat pada layar dan tidak memakan waktu yang lama untuk di-upload atau dikirim lewat e-mail, tetapi tidak terlihat baik pada waktu dicetak. Klik Custom Insert untuk mengatur option scanning.

Mengatur Scanner
Sama seperti yang lainnya pada wizard, dialognya sederhana tetapi ia mempunyai setting yang sangat Anda butuhkan. Anda dapat memilih untuk men-scan warna, abu-abu, atau hitam dan putih (gunakan hitam dan putih jika Anda ingin menggunakan dokumen tersebut untuk ocr—optical character recognition).

Anda juga dapat memilih Customs untuk mengatur brightness, constrast, dan resolusi scan dan juga apakah ia di-scan warna, abu-abu, hitam, dan putih. Anda hanya dapat menggunakan resolusi optik scanner karena wizard tidak dapat melakukan interpolasi, tidak seperti software yang didesain untuk mengatur scanner. Untuk gambar yang ingin Anda gunakan pada layar—halaman web atau file PowerPoint—maka 72 dpi sudahlah mencukupi. Untuk gambar yang ingin dicetak, maka resolusinya bisa 150 sampai 300 dpi, bergantung kepada sisa kapasitas harddisk yang dimiliki.

Pada waktu mengklik Preview jika hanya ada satu gambar pada scanner, maka wizard secara otomatis akan memilihnya, walaupun Anda dapat menyeret batas scanning jika ingin memilih bagian tertentu pada gambar. Anda dapat sekaligus memasukkan beberapa gambar pada scanner dan memilih area scanning untuk masing-masing mereka secara manual. Pada waktu Anda mengklik Scan wizard, akan menanyakan nama grup dan jenis file yang diinginkan: ada BMP, JPG, TIF, dan PNG. Jika Anda ingin men-scan beberapa gambar secara satu per satu, pada layar akhir jangan klik Finish tetapi kliklah Back.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Saya Tidak Menemukan Scanner and Camera Wizard?
Biasanya wizard akan dibuka secara otomatis pada waktu Anda menghubungkan kamera atau memasukkan memory card ke reader. Jika tidak, Anda dapat mencoba membukanya dari task pane My Pictures atau klik kanan kamera pada My Computer dan pilih Get Pictures. Jika membuka Scanner and Camera control panel, Anda juga akan mendapatkan tool tersebut dari task pane pada waktu mengklik kamera. Atur Start menu agar menampilkan Control Panel sebagai menu bertingkat supaya Anda dapat langsung membuka kamera.

Mengapa Wizard Tidak Terbuka Secara Otomatis? Dan Apa yang Harus Saya Lakukan?
Yang biasanya menjadi penyebab mengapa wizard tidak terbuka secara otomatis adalah karena Anda mematikan AutoPlay untuk perangkat removable, Anda dapat menyalakannya kembali dari Registry.

Cari key HKEY_CURRENT_USER\ Software\Microsoft\Windows\ CurrentVersion\Policies\Explorer dan pastikan NoDriveTypeAutoRun adalah REG_DWORD dengan nilai 0x00000091 (145 desimal). Untuk lebih mudahnya, download TweakUI dari www.microsoft. com/windowsxp/pro/downloads/powertoys.asp. Pada TweakUI, klik My Computer, AutoPlay, Types, dan nyalakan ‘Enable Autoplay for removable devices’.

Saya Telah Melakukan Hal Tersebut di Atas, tetapi Tetap Saja Tidak Berhasil
Jika itu tidak berhasil, terutama jika wizard muncul pada waktu kali pertama Anda menghubungkan kamera tetapi ia tidak muncul lagi setelah itu, pastikan service Shell Hardware Detection dijalankan secara otomatis dan logoff dan on kembali.

Explorer hanya mencoba meregister ke service tersebut pada waktu Anda menjalankan PC. Jika pada saat yang bersamaan service tersebut tidak bekerja, ia tidak akan mencoba meregister lagi sehingga ia tidak pernah mendapat pemberitahuan bahwa Anda telah menghubungkan suatu perangkat baru, yang akan menjalankan AutoPlay.

Namun masalahnya bisa saja lebih serius dari sekadar AutoPlay, terutama jika Anda tidak dapat menjalankan Scannner and Camera Wizard. Periksa di Registry key HKEY_LOCAL_ MACHINE\ SOFTWARE\Classes\WIA.Autoplay DropHandler.1\ shell\open\DropTarget (jika tidak ada buat key tersebut). Clsid harus berupa REG_SZ dengan nilai string {F1ABE2B5-C073-4dba-B6EBFD7A5111DD8F}.

Tool untuk Memperbaiki AutoPlay
Memperbaiki AutoPlay bisa lebih mudah dengan AutoPlay Repair Wizard yang didesain untuk mengecek dan memperbaiki problem pada AutoPlay. Cari AutoPlay di www.microsoft/downloads: file-nya bernama AutoFixe.EXE. Anda dapat menekan tombol Repair untuk memperbaiki secara otomatis, kemudian klik Open Log untuk melihat apa yang telah diubah. AutoFixe hanya bekerja dengan kamera dan perangkat yang muncul di My Computer sebagai removable disk dengan huruf drive sendiri.

Saya Telah Mencabut dan Menghubungkan Kamera ke USB, tetapi AutoPlay Tetap Saja Tidak Bekerja
Jika Anda telah menghubungkan kamera digital ke USB dan AutoPlay tidak bekerja setelah Anda mencabut dan menghubungkannya kembali, maka bisa jadi USB tersebut tidak respon. Anda dapat menemukan solusi untuk masalah ini di Microsoft Download Centre: cari Q810400_WXP_SP2_x86_ENU.exe.

Bekerja dengan Foto
Nama internal yang dibuat kamera Anda untuk foto sangat berarti dan wizard mengganti nama file dengan menggunakan deskripsi yang diberikan sebagai nama grup. Meskipun Anda dapat mengurutkan folder tersebut berdasarkan tanggal, akan lebih baik jika menyertakan tanggal pada nama file karena jika Anda mengedit file tersebut di kemudian hari maka ia akan mendapat cap tanggal yang baru.

Masukkan tahun pada bagian depan nama file: Ini sedikit mengganggu, tetapi tidak akan membingungkan ketika wizard menambahkan 002 pada bagian akhir nama file untuk gambar yang kedua dan ini akan membuat folder Anda diurut berdasarkan tanggal walaupun sebenarnya ia diurutkan berdasarkan abjad.

Melewati Wizard
Daripada mengklik dialog wizard satu per satu, Anda dapat memerintah Windows XP untuk mentransfer file secara otomatis begitu Anda menghubungkan kamera (ini dapat dilakukan untuk setiap kamera Plug and Play yang mendukung PTP atau yang mempunyai driver Windows Image Acquisition—WIA). Cara ini cocok untuk kamera yang tidak muncul sebagai removable drive di dalam Explorer tetapi hanya muncul di dalam My Computer.

Klik kanan kamera di dalam My Computer dan pilih Properties, Events, dan Save all pictures to this folder. Jika folder yang Anda inginkan tidak terdapat dalam daftar, klik Browse untuk menemukannya. Pilih Delete pictures from camera setelah menyimpan mereka: Tidak semua kamera mendukung ini jadi Anda mungkin harus menghapusnya sendiri, tetapi jika kamera Anda dapat melakukannya ini akan membersihkan memory card Anda dengan cepat. Jangan lupa untuk mengganti nama gambar di dalam Explorer: Anda dapat memilih semuanya dan pilih File kemudian Rename untuk mengganti semua nama file sekaligus.

Mencetak Gambar dengan Baik dan Cepat
Photo Printing Wizard sama dengan Scanner and Camera Wizard: Ia memandu Anda dalam memilih gambar yang diinginkan dan me-layout mereka pada halaman sehingga Anda tidak perlu membuang kertas. Mungkin dapat sedikit membosankan jika banyak mengklik Next padahal Anda hanya ingin mencetak satu foto. Sebagai gantinya, Anda dapat menyeret file gambar ke icon printer di dalam Explorer. Cara ini hanya menggunakan setting default printer Anda, jadi gunakan wizard jika ingin mengecek resolusi atau memilih manual feed. Juga tidak ada salahnya jika Anda meluangkan waktu untuk mengecek apakah cartridge sudah lurus sebelum mencetak pada kertas foto.

Cara Wizard Menghubungkan Kamera Tanpa Driver
Pada waktu Anda menghubungkan perangkat baru ke PC, hardware recognition service memberitahu Explorer tentang perangkat baru tersebut. Jika ada AutoPlay untuk jenis file yang terdapat pada perangkat tersebut, ia akan membuka dialog AutoPlay dengan daftar tugas yang sesuai untuk jenis file tersebut. Pada waktu Anda memasukkan CD yang tidak mempunyai file AutoRun.INF ia melakukan hal yang sama, sehingga selain mengambil dari kamera Scanner and Camera Wizard juga dapat mengambil foto yang disimpan ke CD.

Wizard tersebut dapat bekerja dengan hampir semua kamera karena ia menggunakan PTP (Picture Transfer Protocol) untuk mengontrol kamera tanpa perlu menggunakan software yang disertakan bersama kamera. Ini merupakan protokol standar USB untuk mentransfer gambar diam dan jika kamera digital Anda mendukungnya, maka Anda tidak perlu menginstal driver—cukup hubungkan dan Windows dapat bekerja dengannya.

Kamera PTP tampil sebagai harddisk removable di dalam Explorer, tetapi wizard juga dapat bekerja dengan kamera dalam mode USB asalkan Anda mempunyai driver-nya. Jika Anda dapat menggunakan kamera digital sebagai webcam, maka wizard akan mengambil gambar streaming dari kamera dalam mode USB, bukan PTP.