Selasa, 28 Oktober 2008

MEMAKSIMALKAN VISTA

Tak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk Windows Vista. “Cover Story” kali ini akan memberikan beberapa tip untuk menjadikan Vista lebih sempurna, lebih enak dipakai, dan lebih sedap dipandang mata. Alexander P.H. Jularso

KALAU DIHITUNG sudah hampir setahun lebih sejak Windows Vista diluncurkan di pasaran dan digunakan oleh banyak pengguna di seluruh dunia. Namun dalam perjalanan itu, Windows Vista masih belum bisa mengalahkan dominasi OS versi sebelumnya, yaitu Windows XP yang memang sudah mendarah daging di dunia per-OS-an. Tidak mudah memang untuk bisa menggeser cengkraman OS yang satu ini.

Tentu saja segala sesuatunya pasti memiliki awal dan akhir. Begitu juga nantinya Windows XP yang tentu akan tergantikan dengan Windows Vista, baik secara cepat ataupun lambat.

Windows Vista masih memiliki banyak kelemahan, meskipun pihak Microsoft sendiri berani menjamin bahwa OS baru mereka ini lebih baik dari Windows XP. Pun begitu dengan Windows XP, ia juga memiliki tak sedikit kekurangan. Mulai dari bugs, inkompatibilitas, lubang keamanan yang gampang ditembus, dan sebagainya. Hal ini yang mendorong diciptakannya perbaikan-perbaikan seperti munculnya XP SP1 dan XP SP2, dan rencananya sebentar lagi akan muncul XP SP3.

Windows Vista sendiri juga banyak memiliki kekurangan. Menurut kami, kekurangan yang dimilikinya lebih bersifat ke kenyamanan sebuah OS. Kita ambil contoh seperti User Account Control (UAC) di mana jika diaktifkan, maka setiap Anda akan melakukan instalasi aplikasi baru, mengakses control panel, mengakses registri, memasukkan hardware baru, dan masih banyak lagi, maka Anda akan selalu diganggu dengan boks kon. rmasi, di mana sebenarnya boks tersebut berniat baik karena mengingatkan Anda akan terjadi perubahan pada system Vista tersebut. Namun jika dipikirkan lebih jauh lagi, hal tersebut sangat mengganggu, terutama untuk Anda yang memiliki tingkat kesabaran kurang.

Dalam “Cover Story” kali ini kami akan memberikan beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk lebih mengoptimalkan Windows Vista milik Anda, utamanya agar Anda tidak merasa “BT” menggunakan operating system canggih yang satu ini. Dengan beberapa tip yang kami berikan, kami berharap Windows Vista akan semakin enak digunakan dan bisa disejajarkan dengan Windows XP lama Anda. Termasuk di sini kami akan memberikan cara, bagaimana Anda bisa melakukan “downgrade” dari Windows Vista ke dalam Windows XP dan cara menciptakan dual boot Vista dan XP dalam komputer Anda. Tidak semua orang mengetahui caranya, di sini kami khusus memberikannya kepada Anda pembaca setia PC Media.

Selamat mengikuti!

Pengaturan User Account Control (UAC)

Salah satu fitur yang menurut kami sangat menjengkelkan adalah fitur UAC.

Ada beberapa user yang cukup terganggu dengan fitur ini, termasuk Anda mungkin. Ada beberapa cara menonaktifkan fitur ini untuk lebih mempercepat proses kerja sistem Anda, dan yang pasti tidak akan membuat Anda pusing. Cara yang pertama cukup mudah, masuk ke User Accounts control panel dan kemudian klik “Turn User Account on or off”, kemudian hilangkan tanda centang (_) pada pilihan tersebut. Setelah itu UAC akan mati dengan sendirinya dan Anda tidak akan terganggu dengan popups yang selalu muncul.

Cara yang kedua Anda bisa melakukan tweak UAC dengan maksud fitur UAC tersebut tidak sepenuhnya dimatikan. Anda bisa mendownload aplikasinya di www.tweak-uac.com, di mana aplikasi ini akan meminimalkan pesan pop-ups yang muncul saat Anda login sebagai administrator.

Melakukan Tweaking terhadap Registri

Jika berpikir bahwa registri dalam vista terproteksi dan tidak bisa diubah, Anda salah. Dengan bantuan aplikasi third party, Anda bisa dengan mudah melakukan tweak registri di Windows Vista. Salah satu aplikasi tersebut adalah TweakVI yang bisa Anda dapatkan di http://tinyurl.com/24yz6q untuk versi gratisnya. Karena cukup dengan versi gratisnya, Anda sudah bisa mendapatkan seluruh keunggulan dari aplikasi ini, daripada Anda harus membayar US$50 untuk melakukan subscription.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa meningkatkan performa system Anda menjadi sekitar 5% sampai 10%. Dan juga Anda bisa mengoptimalkan IE, Firefox, dan bahkan mengubah font yang ada di Vista menjadi lebih sedap dipandang.

Memang Anda jangan mengharapkan peningkatan yang cukup tajam, namun coba Anda lakukan benchmark sebelum dan sesudah melakukan tweak dengan aplikasi tweakVI. Anda akan cukup terkejut.

Menjalankan Command di Vista sebagai Administrator

Pada Windows Vista, Anda juga bisa mengakses command line seperti halnya yang ada di Windows XP. Dengan mengetikkan perintah cmd pada bagian search box, maka seperti biasa akan muncul command prompt.

Namun khusus di Windows Vista, Anda mungkin akan sedikit bingung, karena meskipun sudah login sebagai administrator belum tentu command line yang ada bisa digunakan secara bebas (terbatas). Hal itu tergantung pada setting awal pada Windows Vista Anda. Supaya hal tersebut tidak terjadi Anda bisa melakukan cara-cara berikut.

Ketik cmd pada search box, ketika command window muncul, tekan secara bersamaan Ctrl-Shift-Enter. Selain itu, Anda juga bisa mengklik kanan pada command window yang muncul, yang kemudian akan muncul drop down menu. Di sini pilihlah Run as administrator. Anda akan mengetahui bahwa command window tersebut sudah dalam mode administrator dengan melihat title bar window tersebut yang menyebutkan bahwa Anda sedang berada di mode administrator.

Setelah Anda dalam mode administrator, bisa secara bebas melakukan apa saja dalam command prompt tersebut, seperti meng-copy file dan folder, men-delete file, menjalankan msconfig dan sebagainya. Pada default-nya fungsi ini secara otomatis terblokir.

Menambah Tabs pada Explorer

Hampir seluruh web browser saat ini memiliki fitur tabbed browsing. Namun, bisakah tabbed browsing dilakukan pada Window Explorer? Jawabannya tentu saja bisa, yaitu dengan aplikasi third party yang diberi nama QT TabBar yang bisa Anda download di http://tinyurl.com/2r9yj8.

Download, extract dan install aplikasi ini dalam vista Anda. Perlu diingat, Anda harus menginstalnya dalam mode administrator. Caranya klik kanan pada file exe yang kemudian akan muncul drop down menu. Di sini pilihlah Run as administrator. Setelah Anda selesai melakukan instalasi, logoff computer Anda kemudian login kembali. Setelah muncul lagi tampilan awal vista kemudian masuk ke menu explorer, klik kanan pada menu bar, kemudian masukkan QT TabBar dan QT Tab Standart Buttons.

Tabs tersebut bekerja selayaknya pada IE 7 dan Firefox, Anda bisa menyeret kursor atau dengan kata lain men-dragging sebuah folder dari salah satu Window Explorer ke dalam sebuah tab, sehingga tampilan layar Anda akan terlihat lebih rapi dan tidak berantakan.

Jika Anda sering menggunakan browser IE7, Firefox, atau Opera tentu akan sangat diuntungkan dengan adanya aplikasi tersebut. Selain memberikan banyak kemudahaan, tentunya Anda tidak akan pusing lagi dengan banyaknya window yang terbuka saat Anda membuka banyak sekali folder pada desktop Anda. Salah satu aplikasi yang patut diinstal dalam Windows Vista Anda.

Vista Networking

Dengan alasan keamanan, vista mengubah fungsi pengoperasian menu networking secara keseluruhan dalam sistemnya. Tidak seperti Windows XP, cara melakukan setting Network and Sharing center yang ada dalam control panel dipastikan akan cukup membingungkan, walaupun sebenarnya Anda hanya ingin melakukan sharing file atau printer dalam local network Anda.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa network local Anda memiliki nama workgroup yang sama, termasuk komputer Anda. Di Vista untuk mengakses menu ini, ada pada menu sistem control panel.

Kedua, akan jauh lebih mudah jika Anda menggunakan username dan password pada setiap komputer yang tergabung dalam network tersebut dan Anda bisa melakukan setting user didalam user account control panel. Selanjutnya Anda sudah siap untuk melakukan setting network dan sharing center. Berikut ini yang akan muncul dalam window di monitor Anda:

  • Network Discovery: On

Fungsi ini akan membuat PC Anda terlihat dalam network.

  • File sharing: On

Fungsinya sama dengan File and Printer sharing di Windows XP.

  • Public folder sharing: On (Default)

Fungsi ini adalah salah satu kelebihan di Vista, di mana public folder sharing tersebut bisa Anda gunakan untuk melakukan sharing dalam network dengan banyak user. Dalam folder tersebut, Anda bisa menyimpan gambar, video, dan music. Dan kemudian saling bertukar dengan user yang lain. Fungsi ini sama dengan folder biasa, perbedaannya Anda bisa men-sharing folder tersebut dengan cukup satu klik saja.

  • Printer sharing: Off (Default)

Fungsi ini adalah supaya Anda bisa melakukan sharing printer dalam network.

  • Password protected sharing: On

Setting ini berguna sebagai keamanan yang cukup bagus. Hanya user yang sudah valid terdaftar yang bisa mengakses folder yang Anda sharing tersebut. Anda juga bisa mematikan fungsi ini, namun dengan konsekuensi seluruh user yang terhubung ke network bisa melakukan apa saja terhadap folder yang Anda sharing tersebut. Kami sarankan untuk membiarkan fungsi ini dalam kondisi On, tentu untuk keamanan yang lebih baik.

  • Media sharing: On

Fungsi ini tidak terlalu berguna, kecuali jika Anda ingin melakukan streaming musik atau video ke dalam perangkat XBOX atau perangkat PnP lainnya. Dan biarkan dalam keadaan On, toh juga tidak akan mempengaruhi apapun. Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan untuk melakukan sharing folder adalah cukup melakukan klik kanan terhadap folder yang akan Anda sharing, sama seperti dalam Windows XP. Jika mengikuti seluruh langkah-langkah di atas, Anda akan ditawarkan menu default yaitu “Share to your username only and with owner rights assigned”. Klik lagi untuk memilih pilihan tersebut.

Menunda Aktivasi di Windows Vista

Saat menginstal Windows Vista, sebenar nya tidak memerlukan license key. Vista akan memberikan waktu 30 hari pada Anda sebelum berubah ke mode restricted atau dengan kata lain hampir seluruh fungsi vista terkunci otomatis. Tapi, Anda bisa menambah waktu trial tersebut sebanyak 8 kali, cukup dengan mengetikkan beberapa pe rintah mudah dalam mengubah sedikit registri.

Pertama buka command line pada mode administrator, kemudian ketik slmgr-rearm. Perintah ini akan mulai menghitung 30 hari saat perintah tersebut diketik. Anda bisa melakukan teknik ini lagi sebanyak 3 kali (total 120 hari) setelah itu perintah ini tidak bisa digunakan lagi, karena secara otomatis ditutup oleh system.

Anda bisa kembali menambah 240 hari lagi dengan melakukan sedikit tweaking terhadap registri. Ketik regedit pada search box, lalu pindahkan kursor ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\SL. Pada bagian kanan klik SkipRearm dan klik modify. Ubah angka 0 menjadi 1. Anda bisa melakukan cara ini sebanyak 8 kali, sebelum cara tersebut dikunci oleh sistem.

Cara ini hanya bisa dilakukan untuk Windows Vista yang belum teraktivasi dan pada saat penginstalan Anda tidak memasukkan serial number. Tidak bisa berjalan jika vista Anda sudah teraktivasi.

Ganti Fitur Vista Defrag

Salah satu kelemahan lagi di Vista adalah fitur defragmentasinya yang bisa kami katakan mengalami kemunduran yang cukup jauh dibandingkan dengan Windows XP. Informasi yang diberikan dan kecepatan prosesnya masih jauh lebih baik di Windows XP.

Mungkin yang bisa menolong untuk . tur defragmentasi ini adalah dengan menginstal aplikasi third party. Salah satu aplikasi yang cukup baik adalah Diskeeper 2008 Pro Premier yang bisa Anda beli dengan harga US$100. Aplikasi ini memberikan pilihan yang cukup luas dalam hal defragmentation termasuk file sequencing, boot-time defragging yang semuanya bisa dimonitor secara background. Ada versi murahnya seharga US$50 untuk versi Pro-nya (bukan Premier), versi ini memiliki . tur yang hamper sama namun tentu saja ada beberapa fitur yang dihilangkan.

Selain aplikasi yang sudah kami sebutkan tersebut, tentunya masih banyak yang lain. Jika memang dirasa mahal untuk aplikasi ini, coba cari aplikasi gratisan atau yang lebih murah yang tentunya banyak sekali beredar di Internet dan di pasaran.

Sidebar

Cukupkah side bar pada Windows Vista Anda hanya diisi informasi wheater report atau analog clock saja? Tentu tidak. Anda pasti menginginkan aplikasi penting lain bisa diletakkan dalam side bar tersebut.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa Anda integrasikan kedalam side bar tersebut:

  • App Launcher (http://tinyurl.com/39pe2n) Aplikasi ini hampir sama dengan quick launch toolbar, namun lebih mudah diatur.
  • ClipboardManager (http://tinyurl.com/22g4t4) Akses ke dalam clipboard content akan semakin mudah dan cepat.
  • Memory Meter (http://tinyurl.com/2sgc86) Aplikasi dimana akan memonitor DIMM pada PC Anda. CPU core juga akan dimonitor di sini.
  • Mini Outlook Inbox (http://tinyurl.com/3yhm8y) Para penggemar outlook bisa tetap melihat inbox mereka dalam sidebar tersebut, tidak perlu membuka window outlook keseluruhan.
  • Network Utilization (http://tinyurl.com/29k5j2) Aplikasi yang akan memonitor bandwidth network Anda langsung dalam sidebar.

Memperbaiki Bugs pada nVIDIA

Jika menggunakan video card nVIDIA GeForce seri 6, 7, atau 8, Anda akan merasakan frame rates yang lambat dan kemudian mengakibatkan sistem crash, terutama ketika Anda memainkan game-game seperti Battle. eld 2142, Half-Life 2, dan Rainbow Six Vegas. Hal tersebut bisa diatasi dengan menambahkan patch di alamat berikut http://support.microsoft.com/kb/940105.

Patch yang lain ada di alamat http://support.microsoft.com/kb/936710. Patch ini digunakan bagi Anda pengguna Vista yang ingin memaksimalkan fungsi SLI pada video card nVIDIA dengan menggunakan DirectX 10.

Periksa terlebih dahulu daftar update Windows Anda setiap saat. Jika patch seperti diatas belum masuk ke dalam update otomatis yang dilakukan oleh windows update, Anda harus melakukan instalasi secara manual.

Peringatan Dini Saat Vista Anda Error

Hal tersebut sebenarnya sudah bisa Anda ketahui dengan fitur Event Viewer. Namun ada cara yang lebih efektif lagi, yaitu dengan cara e-mail logging, di mana Vista akan langsung meng-e-mail Anda saat ada yang salah dari sistem Vista tersebut.

Untuk melakukan setup buka Event Viewer (dalam mode administrator), buka log file, kemudian pilih event di mana Anda akan diperingatkan (melalui e-mail) jika terjadi error dalam event tersebut. Pada sebelah kanan klik “attach task to this event…” dan lanjutkan dengan wizard yang dianjurkan.

Anda harus men-setting server, di mana alamat e-mail yang harus dituju untuk meng-e-mail laporan tersebut. Perlu diperhatikan baik-baik, jika Anda melakukan kesalahan setting, bukan tidak mungkin alamat e-mail Anda akan banyak menerima spam.

Meningkatkan Performa SATA Drives

Jika Anda termasuk orang yang suka akan tantangan, dan ingin meningkatkan performa hardisk SATA Anda, maka mungkin cara berikut bisa Anda lakukan. Mengapa kami sebut tantangan? Karena sebenarnya fitur ini cukup berisiko bagi keamanan data pada hardisk Anda. Namun jika Anda tetap menginginkan performa yang maksimal dari harddisk SATA Anda, lakukan langkah-langkah di bawah ini.

Pada Device Manager, pilih hard drive Anda kemudian klik kanan dan pilih properties. Setelah itu pilih Policies tab, pilih “Optimize for Performance” dan kemudian tambahkan tanda centang (_) pada kedua pilihan “Enable write caching on the disk” dan “Enable advanced performance”.

Perlu Anda perhatikan, jika kedua pilihan ini diaktifkan Anda tidak bisa sembarangan mematikan komputer. Jika Anda sembarangan mematikan komputer, dalam artian tanpa proses shutdown maka kemungkinan data dalam harddisk Anda akan hilang dan yang terburuk adalah harddisk Anda akan mengalami crash. Untuk meminimalisasi hal tersebut sediakan sebuah UPS komputer Anda, supaya aman dari gangguan arus listrik yang tidak stabil.

Performa dari hardisk SATA Anda akan meningkat drastis, namun tentu saja hal ini tergantung pada model dan tipe dari harddisk Anda tersebut. Jangan berharap terlalu banyak.

Hotfix Windows Vista

Windows Vista masih memiliki banyak kelemahan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menginstal update khusus untuk Windows Vista. Update yang akan kami berikan kali ini belum resmi masuk dalam Windows Update, jadi Anda harus menginstal secara manual.

  • h t t p : / / s u p p o r t . m i c r o s o f t . c o m/kb/929451

Memperbaiki Vista, di mana biasanya ia akan meregister IP address lama Anda jika ada setting network yang berubah (termasuk IP address Anda).

  • h t t p : / / s u p p o r t . m i c r o s o f t . c o m/kb/931671

Error pada vista akan terjadi saat Anda berusaha mengubah PC Anda dalam keadaan sleep mode. Update ini akan memperbaiki error tersebut.

  • h t t p : / / s u p p o r t . m i c r o s o f t . c o m/kb/932649

Kualitas video pada mode interlaced sangat buruk. Tambahkan update ini dan masalah akan selesai.

  • h t t p : / / s u p p o r t . m i c r o s o f t . c o m/ kb/940646

Koneksi 3G WWAN sangat lambat, untuk memperbaikinya tambahkan update tersebut.

  • h t t p : / / s u p p o r t . m i c r o s o f t . c o m/kb/941542

Koneksi ke network printer kemungkinan besar akan gagal. Perbaiki dengan menginstal update tersebut. Untuk mendongkrak performa PC Anda, instal update berikut secara manual.

  • h t t p : / / s u p p o r t . m i c r o s o f t . c o m/kb/938194
  • h t t p : / / s u p p o r t . m i c r o s o f t . c o m/kb/938979

Melakukan Downgrade ke Windows XP

Tentu ada beberapa alasan mengapa Anda berkeras untuk kembali ke Windows XP. Permasalahannya, bagaimana caranya Anda kembali ke Windows XP, karena setelah Anda menginstal Windows Vista, Anda tidak bisa menginstal OS yang lain lagi. Satu-satunya cara adalah melakukan format ulang terhadap harddisk Anda.

Cara berikut mungkin akan lebih mudah dilakukan daripada Anda harus menformat ulang PC Anda.

  1. Windows XP Anda tidak bisa diinstal di atas Windows Vista. Namun, ada cara yang bisa Anda lakukan jika Anda ingin menciptakan dual booting pada PC Anda, yaitu dengan menggunakan DiskPart tool yang ada dalam disk instalasi Windows Vista untuk membuat partisi yang kedua. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi third party seperti GParted yang bisa didapatkan di http://gparted. sourceforge.net/. Jika berencana menghapus habis Windows Vista, Anda bisa menggunakan aplikasi yang sama dan kemudian menginstal kembali PC Anda dengan Windows XP.

  1. Ketika Anda menggunakan XP dan ingin melakukan copy . le ke harddisk SATA Anda, namun Anda tidak bisa melihat disk drive tersebut bisa dipastkan bahwa penyebabnya adalah mode AHCI pada harddisk SATA, di mana pada PC keluaran terbaru saat ini mode dalam posisi enabled. Untuk mengubahnya cukup masuk ke dalam BIOS motherboard Anda dan kemudian matikan fungsi AHCI mode yang otomatis akan menyalakan mode ATA untuk menjadikan instalasi menjadi lebih mudah.

  1. Dengan partisi yang kosong dan mode AHCI dalam keadaan mati, boot PC Anda dengan menggunakan Windows XP disarankan yang memiliki SP2 langsung. Instal OS tersebut secara normal. Jika Anda ingin menjadikan dual booting, maka Windows Vista akan berada pada drive C:, dan windows XP akan muncul dalam drive E: atau drive lainnya selain C:.

  1. Jika berencana menjadikan PC Anda menjadi dual boot Windows Vista dan Windows XP, Anda perlu memperbaiki Master Boot Record harddisk Anda, karena ketika Anda menginstal Windows XP, maka XP akan menimpa MBR yang dipakai oleh Vista sehingga Windows Vista Anda tidak akan bisa melakukan loading. Untuk memperbaikinya, lakukan booting melalui disk Windows Vista dan pilih “Repair your computer” pada layar Install Now. Kemudian pilih Startup repair untuk memperbaiki MBR tersebut.

  1. Langkah terakhir adalah melakukan setup dual booting pada PC Anda. Beberapa boot manager bisa melakukan hal ini, versi gratisnya Anda bisa mendapatkannya di http://tinyurl.com/yovsxx dengan nama aplikasi EasyBCD. Boot PC Anda di Vista, kemudian instal EasyBCD kemudian klik Add/Remove Entries. Ubah drive letter menjadi E: dan kemudian ganti tipe ke Windows NT/2k/XP/2k3. Klik add Entry, kemudian pilih save. Lakukan reboot ulang dan kemudian bootloader akan muncul secara otomatis. Anda bisa memilih sistem OS Vista ataupun OS XP, mana yang Anda suka.