Senin, 27 Oktober 2008

NOTEBOOK RINGKAS

Awalnya, sebuah notebook yang ringkas hanya tersedia dengan harga penawaran yang terbilang mahal. B. Setyo Ryanto

ANDA BISA mulai menyebut beberapa brand notebook ternama yang sudah terlebih dahulu memiliki alternatif pilihan sub-notebook dengan ukuran yang ringkas, biasanya dengan layar diagonal selebar lebih kecil dari 10”. Sampai mulai dicanangkannya sebuah rancang bangun notebook, yang awalnya lebih ditujukan untuk memajukan akselerasi pada dunia pendidikan. Namun secara tidak langsung, hal ini juga sedikit banyak mem pengaruhi pendekatan desain produk notebook yang juga dipasarkan secara komersial oleh produsen-produsen ternama.

Berawal dari OLPC

One Laptop per Child (OLPC) adalah sebuah organisasi non-profit yang didirikan oleh MIT Media LAB. Pada tahun 2005, sudah memulai pemikiran untuk membuat sebuah notebook murah.

Gerakan ini kemudian didukung oleh beberapa sponsor dari nama-nama terkemuka. Sebut saja, antara lain AMD, Google, Marvell, dan Red Hat. Bahkan Intel pun juga sempat tergabung di dalamnya, sebelum akhirnya memutuskan mengundurkan diri dari keikutsertaan gerakan ini di awal tahun 2008 ini.

XO Laptop

Kemudian dikenal dengan nama XO laptop, atau ada juga yang mengenalnya dengan sebutan XO-1. Produk nyata dari gerakan yang dicanangkan oleh OLPC. Awalnya notebook ini hanya dijual ke pemerintah, untuk ditujukan penggunaannya oleh anak-anak di sekolah.

Prototype versi Alpha 1 sebetulnya sudah mulai didistribusikan sejak pertengahan tahun 2006 sebanyak tidak kurang dari 500 unit. Kemudian berlanjut ke pengembangan versi Beta-1 dan Beta-2, masih dalam skala produksi ratusan. Produsennya, Quanta Computer baru memproduksinya secara full-scale untuk versi finalnya pada akhir tahun 2007 yang lalu. Untuk tahun 2008 sendiri, tidak kurang dari sekitar 5 juta unit akan diproduksi untuk memenuhi permintaan ke tujug negara yang tertarik menggunakannya. Ketujuh negara tersebut adalah Argentina, Brazil, Libya, Nigeria, Rwanda, Thailand, dan Uruguay.

Proyek notebook yang dicanangkan oleh OLPC ini awalnya memang menyatakan tidak akan menyediakan versi komersial yang akan diperjual belikan untuk konsumen retail. Namun seiring dengan animo ketertarikan pengguna notebook, pernyataan tersebut sempat sedikit mengalami penyesuaian. Pada situs resminya laptopgiving.org sempat memberikan program penawaran yang disebut “Give 1 Get 1” pada akhir tahun 2007 yang lalu. Meski program ini sendiri hanya terbatas untuk alamat pengiriman di Kanada dan Amerika Serikat.

Intel Classmate

Sebelumnya dikenal dengan nama Eduwise, sebuah inovasi dari Intel untuk memenuhi kebutuhan pasar yang membutuhkan PC dengan harga yang murah untuk ditujukan penggunaannya pada anak-anak di negara berkembang. Melihat dari target market yang dituju, Eduwise dan gerakan OLPC memiliki banyak kesamaan.

Eduwise mulai dicanangkan pada Intel World Ahead Program yang sudah dimulai pada pertengahan 2006. Dalam program ini, Intel mengembangkan sebuah platform yang laptop yang membutuhkan ongkos produksi minimal, kemudian dapat dikerjakan oleh third party manufacturer, untuk dapat memproduks notebook dengan harga murah yang dapat dipasarkan dengan merek tersendiri. Desain ini yang kemudian akan ditawarkan ke pabrikan OEM.

Intel Classmate sendiri adalah reference design untuk platform tersebut. Sedangkan, Intel sendiri tidak akan memproduks notebook itu sendiri.

Asus EEE PC

Perkenalan Asus EEE PC sendiri sebenarnya sudah diperkenalkan sejak ajang Computex tahun 2007 yang lalu. Saat itu diperkenalkan EEE PC 701 dan EEE PC 1001. Asus EEE PC 701 yang belakangan dikenal sebagai Asus EEE PC 4G.

Sebagai salah satu bagian dari produk sub-notebook. Awalnya identik dengan bentuknya yang ringkas, bobot yang ringan, menggunakan solid-state drive, dan menggunakan sistem operas Linux. Perkembangan selanjutnya terlihat va rian dengan operating system Windows XP Home edition.

Direncanakan EEE PC juga akan mengeluarkan varian berikutnya. Diantaranya dengan menggunakan Intel Merom processor, yang memungkinkan EEE PC generasi berikutnya memiliki konsumsi daya yang lebih efektif.

Notebook Ringkas, Semakin Ideal

UMPC sendiri sudah diperkenalkan terlebih dahulu. Melanjutkan tren tablet PC yang sudah terlebih dahulu diperkenalkan. Menggabungkannya ke dalam sebuah perangkat yang lebih ringkas, memulai debut perkenalan dengan origami yang diperkenalkan oleh Microsoft.

Pengembangan UMPC sendiri juga didukung oleh Microsoft. Medion UMPC, WiBrain B1 UMPC, dan Packard Bell EasyNote XS adalah beberapa di antaranya yang akan diperkenalkan dalam waktu dekat. Beberapa juga mencoba menggabungkannya dengan fungsi GPS, TV Tuner yang terintegrasi.

Untuk urusan processor, para pengembang dan produsen Ultra Mobile PC kebanyakan mengandalkan produk dari Intel ataupun VIA. Berikut dengan chipset dari kedua produsen ternama tersebut, Ultra Mobile PC memungkinkan untuk hanya mengkonsumsi daya sepersepuluh dari konsumsi daya yang dibutuhkan PC desktop. Dan kedua produsen tersebut juga masih terus mengembangkan, baik chipset juga CPU dengan teknologi terbaru. Termasuk dengan menggunakan desain proses teknologi yang lebih kecil daripada yang sekarang sudah digunakan, untuk lebih menghemat konsumsi daya pada Ultra Mobile PC di masa mendatang.

Sedangkan untuk produk Ultra Mobile PC yang juga mulai marak menjadi bahan pembicaraan adalah Everex CloudBook. Spesifi kasi yang digunakan antara lain adalah: menggunakan processor VIA C7-M processor, dengan 7”, full keyboard, hard-disk dengan kapasitas 330 GB dan operating syetem Linux (gOS). Everex CloudBook sendiri adalah notebook yang dibuat berdasarkan reference model dari VIA yang disebut dengan nama Nanobook.

Menggeser Dominasi Desktop

Dominasi desktop PC secara perlahan mulai tergeser dengan mobile PC atau yang lebih dikenal dengan sebutan notebook.Terlebih dengan kehadiran ultra mobile PC. Kebutuhan pengguna PC juga mulai bergeser. Kebutuhan untuk melakukan komputasi secara mobile, dan tidak lagi terpaku bekerja di depan meja dengan PC desktop.

Diperkirakan tren perkembangan kebutuhan pasar ini akan terus membantu mobile PC menggeser desktop PC. Bahkan diperkirakan penjualan mobile PC di seluruh dunia pada tahun 2009 mendatang akan melewati jumlah penjualan desktop PC di tahun yang sama. Bagi pengguna sendiri, tetap perlu melakukan penyesuaian untuk beradaptasi dengan performa komputasi, karena kebanyakan pengguna memang sudah terbiasa mendapatkan performa komputasi dari PC seperti pada desktop PC.

Intel Menlow

Dari pihak Intel, sudah tersedia chipset baru Menlow untuk mendukung generasi terbaru processor untuk ultra mobile PC. Multi-core processor juga tidak menutup kemungkinan akan digunakan pada ultra mobile PC ini. Kendala untuk tetap menjaga konsumsi daya dan hubungannya dengan peningkatan kinerja yang dimungkinkan adalah masalah utama yang harus dihadapi pengembang dan produsen ultra mobile PC. Untuk sementara, kinerja yang lebih baik secara tidak langsung berbanding lurus dengan peningkatan kebutuhan konsumsi daya. Hal ini disebabkan jumlah transistor, khususnya pada processor yang meningkat. Dan hal ini secara tidak langsung tentunya akan mempengaruhi daya tahan ultra mobile PC dapat beroperasi dengan catuan daya dari baterai.

Solusi untuk permasalahan tersebut adalah peningkatan power efficiency. Solusi ini dimungkinkan dengan memperbarui design yang digunakan. Terutama pada processor dan chipset. Sebagai contoh seperti pada Intel Menlow, yang berukuran lima kali lebih kecil, dengan konsumsi daya hanya sepersepuluh dari processor ultra low voltage processor yang sudah mulai dipergunakan pada tahun 2006.

Berbeda dengan desktop PC, di mana konsumsi daya bukan menjadi masalah utama. Ukuran rongga PC case memungkinkan untuk mengatur aliran udara panas dengan lebih leluasa. Hal yang sangat berbeda untuk UMPC dengan ruang yang jauh lebih terbatas

Lightweight Machine

Qualcomm pun juga turut mengembangkan produk processor untuk pasar ultra mobile PC ini. Dengan membuat sebuah processor generasi baru yang memang dikhususkan untuk PC ringkas dan ringan ini. Dua rancangan yang sudah diperkenalkan oleh Qualcomm antara lain adalah Anchorage dan Fairbanks.

Optimalisasi catuan daya juga dilakukan dengan meminimalkan mekanisme yang digunakan pada ultra mobile PC. Salah satunya dengan mengeliminasi ketersediaan optical disc drive, dan menggantikan penggunan harddisk dengan solid state drive. Selain mengurangi mekanisme, mengurangi bobot ultra mobile PC secara keseluruhan. SSD juga memiliki keuntungan tambahan dibandingkan harddisk biasa yang mengandalkan pergerakan rotasi dari spindle. Dengan tidak digunakannya mekanisme, reliabilitas juga dapat meningkat, dengan semakin minimnya bagian yang bergerak dalam beroperasi. Meskipun untuk sementara solid state disk memang masih rasio perbandingan harga dengan kapasitas yang belum ekonomis jika dibandingkan dengan harddisk yang sudah lebih dahulu berkembang. Namun, seiring dengan waktu, daya serap pasar, dan pengembangan teknologi SSD di masa mendatang diprediksi masalah ini akan berangsur-angsur berkurang.

Sebagai informasi, perkembangan storage untuk mobile PC juga sudah berkembang hampir mendekati perkembangan storage pada desktop PC. Bit Macro sudah memperkenalkan solid state disk 2.5 inci dengan kapasitas hingga 832GB. Toshiba dan Samsung juga sudah memiliki alternatif produk solid state disk dengan form factor 1.8 inci dengan kapasitas 128 GB.

Wireless Broadband

Konektifi tas nirkabel juga menjadi salah satu parameter yang dibutuhkan penggunanya. Pengembangan teknologi wireless juga menjadi pertimbangan proses rancangan generasi berikutnya. Termasuk di antaranya dukungan untuk Wimax.

Sebagai contoh adalah produsen OQO yang akan memperkenalkan produk selanjutnya dengan dukungan Wimax. Setelah sebelumnya OQO model e2 memiliki varian yang juga menawarkan konektivitas dengan jaringan mobile 3.5G dan Wi-Fi. Selain OQO, ASUS juga memiliki rencana serupa untuk model EEE PC berikutnya. Intel pun juga akan memproduksi chipset yang sudah mendukung jaringan Wimax dan direncanakan akan diluncurkan pada tahun 2008 ini.

LEBIH LANJUT

http://news.bbc.co.uk/2/hi/technology/7119160.stm

http://www.microsoft.com/windows/products/winfumpc/default.mspx

http://www.notebookreview.com

http://en.wikipedia.org/wiki/Asus_eee_pc

http://en.wikipedia.org/wiki/Intel_Classmate

http://en.wikipedia.org/wiki/OLPC_XO-1

http://en.wikipedia.org/wiki/Umpc