Jumat, 31 Oktober 2008

Menabur Sentuh, Menuai Software Tangguh

Dengan beberapa sentuhan di tempat yang tepat, sebuah software gratis bisa menjadi kandidat kuat pesaing software mahal. Bagaimana caranya? Kami akan memandu Anda.

Dulu, hampir setiap orang meyakini barang mahal pasti bagus. Dan otomatis sebaliknya, barang yang murah akan berkualitas rendah. Namun kini, gratis bukan berarti tidak bermutu.

Hal ini juga berlaku untuk software komputer yang saban hari kita gunakan. Mulai dari archiving hingga audio-video player dan e-mail client, semuanya sudah disediakan gratis. Beberapa kategori software memiliki freeware-freeware yang tentu sudah sangat Anda kenal. Tentu saja, dengan kemampuan yang boleh disandingkan setara dengan software mahal yang sejenis.

Bahkan, dengan beberapa tip serta trik yang kami sampikan di artikel ini, Anda bisa menjadikan freeware lebih tangguh lagi. Sebut saja untuk kategori multimedia, tentu Anda sudah sangat tidak asing lagi dengan Winamp. Bagi Anda yang telah mencoba OpenOffice, tentu juga sudah tidak akan menganggap remeh freeware yang satu ini. Sayangnya untuk kategori office suite seperti OpenOffice ini, akan begitu banyak tip dan trik yang dapat dilakukan. Untuk itu, pembahasan freeware yang satu ini tidak disertakan kali ini.

Anda tidak usah ragu dan bimbang lagi. Freeware masa kini jauh sudah mutakhir dan mampu menjawab beragam kebutuhan yang kita harapkan ada di sebuah software. Demikian juga mengenai update. Beberapa freeware telah memiliki tingkat updating yang lebih cepat dibandingkan software non freeware.

PC Media featuring CD 2 a.k.a Emergency CD
Perkenankanlah pada kesempatan kali ini kami memperkenalkan salah satu persembahan dari PC Media untuk Anda. CD ke-2 dari dua buah CD yang selama ini Anda terima bersamaan dengan majalah PC Media kesayangan Anda (khusus untuk majalah versi reguler).

Sebagian dari Anda tentu akan bertanya-tanya, mengapa CD ke-2 PC Media berganti nama menjadi Emergency CD. Ya, sejak PC Media Edisi 07/2004 yang lalu, khusus untuk majalah versi regulernya akan menerima dua buah CD. Satu di antaranya Emergency CD ini.

Hal ini disesuaikan dengan tujuan penggunaan untuk Emergency CD ini. Antara lain, Anda dapat mengandalkan CD ini untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja PC Anda. Di sini Anda dapat menemukan folder utama \drivers, \patch & update, juga \toolbox. Diharapkan dengan bermodalkan Emergency CD ini, Anda dapat menginstalasi PC Anda lengkap dengan driver, patch, dan update terbaru.

Sedangkan untuk folder \toolbox, dapat dimanfaatkan untuk menginstalasi aplikasi-aplikasi untuk kegiatan sehari-hari. Yang tentu saja legal dan freeware. Hal ini khususnya bagi yang menggunakan operating system Windows. Bagi Anda yang menggunakan operating system Linux, ada baiknya untuk mencoba mendapatkannya dari saudara kami, majalah InfoLINUX.

Apa yang harus dilakukan dengan Emergency CD ini? Apa saja isinya? Bagaimana cara menggunakannya? Dan Apa yang akan didapatkan dengan Emergency CD ini? Ulasan rubrik ini selanjutnya akan membahas seputar hal-hal tersebut. Pembahasan akan diurutkan berdasarkan nama folder utama dalam CD ke-2 PC Media. Kami juga menyertakan beberapa freeware yang juga tidak kalah hebatnya, yang belum menjadi menu tetap untuk diletakkan pada folder Toolbox. Namun jika Anda mempunyai pendapat yang berbeda, dapat menyampaikannya via e-mail redaksi.

DRIVERS
Sesuai dengan nama folder utamanya, di sini Anda akan menemukan berbagai driver yang sering dibutuhkan saat menginstalasi ulang operating system. Ataupun saat menginstalasi sebuah hardware baru pada PC Anda. Driver ini juga dapat digunakan untuk memperbarui driver yang sudah terinstalasi sebelumnya.

Apa untungnya meng-update driver? Dengan meng-update driver, Anda mempunyai kemungkinan yang lebih baik untuk dapat mengoptimalkan kinerja PC Anda. Karena di dalam masing-masing update driver tersebut, memang dibuat untuk meningkatkan kinerja dan memperbaiki bug-bug yang ada pada versi sebelumnya (jika ada).

Untungnya, kebanyakan pembuat chipset sudah membuat file setup untuk instalasi driver yang demikian mudah. Dan biasanya berupa semacam all-in-one driver. Seperti chipset motheboard VIA dengan VIA Hyperion 4-in-1, chipset motherboard nForce dengan Nvidia nForce, dan Nvidia ForceWare untuk VGA dengan GPU Nvidia. Demikian juga dengan VGA ber-chipset ATI dengan ATI Catalyst-nya.

Namun, ada sedikit catatan saat menginstalasi update driver. Jika Anda termasuk gemar meng-update driver hardware PC Anda, tidak tertutup kemungkinan yang akan didapatkan bukanlah peningkatan kinerja. Malahan sebaliknya, sistem Anda akan terasa berat dan lambat.

Hal ini disebabkan terutama karena driver-driver terdahulu mengotori operating system Anda. Untuk itu, Anda sebaiknya perlu melakukan proses uninstall driver lama. Cara yang paling mudah dengan memanfaatkan Driver Cleaner.

Utiliti ini juga freeware, yang akan memudahkan Anda dalam melakukan pembersihan, khsususnya untuk driver-driver lama yang terinstalasi pada operating system Anda. Ini akan sangat terasa bagi Anda yang memiliki operating system yang sudah cukup berumur, tanpa pernah melakukan clean install ulang namun sering melakukan update driver.

Bermodalkan utiliti yang satu ini, Anda tidak hanya dapat membersihkan driver-driver lama yang pernah terinstal dan bersarang dalam operating system Anda. Utiliti freeware ini juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan file .cab yang dapat menyebabkan harddisk Anda kehilangan free space-nya. Untuk penggunaanya lebih lanjut akan tersedia pada halaman 57.

Setelah itu, baru sebaiknya melakukan instalasi update driver untuk PC Anda. Untuk urutan sebaiknya beberapa hal ini perlu diikuti. Pertama, lakukan instalasi driver untuk motherboard (lebih tepatnya driver chipset motherboard). Kemudian untuk perangkat yang terintegrasi pada motherboard Anda. Seperti integrated sound, ethernet, atau graphic controller (jika ada). Kemudian install driver untuk video card yang Anda gunakan. Sesuaikan chipset GPU (graphic processor unit) dengan nama subfolder pada folder \drivers. Selanjutnya ke sound card. Demikian seterusnya sampai semua yang ter-list pada device manager terinstalasi dengan sempurna.

Saran dari kami, sebaiknya Anda mengetahui hardware yang terinstal pada PC Anda. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi system information seperti AIDA. Sayangnya, produk ini sudah discontinue. Anda bisa menggunakan versi selanjutnya, berubah menjadi yang kita kenal sebagai Everest. Keduanya istimewa, karena tidak membutuhkan proses instalasi.

Pada Computer|Summary, Anda dapat melihat secara mendetail hardware yang dimiliki. Mulai dari motherboard dan chipset yang digunakan, video, sound controller, dan seterusnya. Ada baiknya Anda mencatatnya, sehingga akan memudahkan saat akan menginstal driver untuk masing-masing hardware yang dimiliki.

Tidak ada AIDA ataupun Everest? Kami juga telah menyertakan sebuah freeware lain yang tidak kalah kemampuannya. PC Wizard adalah sebuah freeware system info yang mempunyai kemampuan yang terbilang baik. Membuat kepergian AIDA bukanlah sebuah hal yang perlu ditangisi. Ulasan mengenai freeware yang satu ini juga dapat Anda temukan pada halaman 57.

PATCH & UPDATE
Pada folder patch & update ini, Anda dapat menemukan berbagai update untuk operating system Windows Anda. Pada subfolder \antivirus, Anda dapat meng-update virus definition yang dimiliki antivirus Anda. Kami menyertakan beberapa update untuk beberapa antivirus yang jamak digunakan para pengguna PC.

Sebut saja seperti McAfee, juga Norton Antivirus. Karena sehebat apapun sebuah antivirus, tidak akan optimal tanpa sebuah virus definition yang terbaru.

Bagi Anda yang memiliki PC yang sering terhubung dengan Internet, ada baiknya Anda juga memeriksa apakah ada program spyware yang terinstalasi dalam PC Anda. Karena ini tentu saja juga akan memperlambat sambungan koneksi Internet yang dapat Anda nikmati. Untuk itu kami juga memberikan update untuk Ad-aware mencegah bersarangnya spyware pada PC Anda. Update reference file tersedia pada CD1 \utilities\cover story.

Tesedia juga berbagai update ataupun patch untuk memperbaiki security yang sering menjadi isu utama para pengguna PC berbasis operating system Windows. Update yang tersedia di sini lebih khususnya bagi Anda yang menggunakan operating system Windows XP.

Di folder \patch & update ini juga tersedia beberapa udate untuk game. Beberapa game yang sudah terlanjur dirilis kadang masih meninggalkan beberapa bug. Update ini akan memperbaiki bug-bug tersebut. Antara lain seperti perbaikan AI, perbaikan layanan online, kadang juga perbaikan untuk level-level tertentu dalam game. Folder ini akan berisi beberapa game yang memang terkenal pada masanya.

Dan terakhir adalah folder \toolbox, yang sebagian akan dibahas pada kesempatan kali ini.

Kotak Perkakas Windows = Freeware Andalan
Tentu saja, ada beberapa freeware yang patut menjadi menjadi koleksi freeware Anda. Lebih baik lagi, jika semua freeware Anda mampu menjadi pengganti software berlisensi yang selama ini Anda gunakan.

Demi kepraktisan, PC Media menyediakan sebuah folder bernama Toolbox dalam CD ke dua setiap edisi. Folder Toolbox ini berisi semua program yang bisa Anda gunakan untuk semua kebutuhan sehari-hari setelah instalasi Windows.

Dengan satu folder ini saja, Anda bisa memperoleh sebuah PC yang siap digunakan untuk kebutuhan mendasar sehari-hari. Tentu saja, tanpa mengeluarkan banyak uang untuk pembelian software. Sebab, semua program yang ada dalam folder Tool Box adalah program gratis atau freeware (kecuali WinZip yang shareware).

Bayangkan, Anda hanya membutuhkan sebuah CD instalasi Windows dan dua buah CD gratis dari PC Media. Dengan modal tiga CD ini saja, semua freeware andalan sudah bisa Anda peroleh.

Semua program yang dibahas dalam “Cover Story” kali ini sebagian tersedia di folder Toolbox dalam CD 2 PC Media. Tentu saja, kami tidak membahas semua yang ada di dalam Toolbox, namun hanya beberapa saja yang kami anggap menarik untuk diketahui lebih lanjut oleh para pembaca.

Bukan hanya musim kampanye saja yang banyak barang gratis. Namun di semua musim dan setiap saat, selama kita jeli, banyak barang bagus bertebaran. Tinggal butuh sedikit kejelian untuk memperolehnya. Dan supaya kekuatannya semakin yahud, praktikkan semua yang ada di artikel ini.

Ya, hanya perlu sedikit disentuh. Dan biarkan kekuatan semua program gratis ini dalam kendali kita.

Driver Cleaner 3.2
Jika terhitung jarang meng-update driver, mungkin Anda dapat melupakan freeware yang satu ini. Ini juga berlaku jika Anda sering menginstal ulang operating system, dengan cara clean install (format ulang).

Utiliti ini akan sangat berguna bagi Anda yang sering melakukan update driver untuk hardware yang terinstalasi dalam sistem yang dimiliki. Setiap kali dilakukan update, maka tidak jarang akan meninggalkan file-file juga registry lama yang tersisa. Lama kelamaan, seiring dengan bertambahnya jumlah update yang Anda lakukan, akan memperlambat kerja PC Anda.

01. Update driver dengan cara yang lebih baik
Jalankan utiliti ini. Maka dengan otomatis, uitliti ini akan mendeteksi driver apa saja yang dapat dibersihkan.

Semisal Anda akan melakukan update untuk driver motherboard yang berchipset nForce. Lakukan proses uninstall dari Add/Remove Programs. Kemudian jalankan utiliti ini. Pilih Wizard pada tab Options, atau dengan kombinasi tombol [Ctrl + W]. Tentukan nama driver yang ingin dibersihkan. Dalam hal ini, pilih nForce Chipset, lanjutkan proses hingga operating system Anda benar-benar bersih dari driver lama.

Baru kemudian dilanjutkan dengan instalasi driver terbaru yang Anda inginkan. Ini akan lebih menjamin sistem berjalan dengan cepat, sesuai dengan yang diharapkan saat akan melakukan update driver.

02. Back-up, mencegah hal-hal yang tidak diinginkan
Ada baiknya untuk tetap menyimpan back-up, baik file maupun registry PC Anda. Hal ini terutama perlu dilakukan, saat Anda akan menginstalasi driver baru. Ataupun saat membersihkan PC Anda dari driver-driver lama. Ini perlu dilakukan untuk berjaga-jaga sekiranya sistem berjalan dengan tidak normal. Sekiranya sistem sudah berjalan dengan baik, maka Anda dapat menghapus file back-up ini untuk mendapatkan tambahan free space pada harddisk Anda.

PC Wizard
Tidak mengetahui secara lengkap hardware apa saja yang terpasang pada komputer Anda? Ada berbagai cara menjawab masalah ini. Salah satu yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan utiliti system info. Salah satu system info freeware yang kami sertakan pada folder Toolbox adalah PC Wizard.

03. Mengenali hardware pada PC
Cukup dengan menginstal utiliti ini. Kemudian Anda akan dapat mengenali hardware pada PC Anda dengan lebih baik. Pada frame sebelah kiri, Anda dapat memilih hardware yang ingin diketahui. Frame kanan akan memperlihatkan informasi detail sesuai dengan hardware yang dipilih.

04. Sudah optimalkah clock CPU Anda?
Lihat detail informasi pada Processor. Anda akan mendapatkan informasi lebih detail dengan double-click pada pilihan frequency. Bandingkan antara frequency yang tertera pada General Information dengan Initial Frequencies. Jika tidak sesuai, ada kemungkinan Anda belum mengesetnya secara optimal. Atau jangan-jangan CPU Anda sudah ter-overclock tanpa Anda ketahui?

05. Lengkapi info, gabungkan dengan Motherboard Monitor (MBM)
Utiliti yang satu ini juga lebih dapat dioptimalkan dengan menggabungkannya bersama Motherboard Monitor (MBM). Pada Tool|Options, pilih tab MBM. Di sini Anda dapat memerintahkan utiliti yang satu ini untuk berkomunikasi dengan MBM. Kemudian lihat pada Voltage Temperature and Fans. Maka akan didapatkan informasi tambahan, dengan menggabungkan informasi dari MBM.

Ad-aware
Ad-aware sudah lama digunakan di banyak komputer, baik stand alone atau jaringan. Ad-aware mampu menemukan dan menumpas spyware dalam komputer kita. Spyware umumnya diperoleh dari Internet. Karena itu, Ad-aware merupakan benteng pertahanan wajib bagi setiap komputer yang terhubung dengan Internet, baik secara jaringan atau personal.

Semua komputer pada dasarnya memiliki risiko serangan spyware. Dan risiko ini akan semakin besar manakala komputer terhubung dengan Internet. Sebab, setiap kali kita browsing, komputer secara otomatis akan menyimpan cache dan cookies yang terkadang tanpa disadari diikuti oleh spyware.

Lebih baik, jalankan Ad-aware secara berkala. Dan frekuensi penggunaan Ad-aware berbanding lurus dengan penggunaan Internet. Semakin sering kita berselancar di dunia maya, semakin tinggi pula frekuensi penggunaan Ad-aware yang sebaiknya dilakukan. Atau bisa mencoba alternatifnya seperti Spybot-S&D atau SpywareBlaster.

06. Optimalisasi proses scan
Namun, Ad-Aware juga bisa difungsikan lebih baik lagi dengan mengoptimalkan proses scanning. Optimalisasi proses scanning ini bisa dilakukan sebelum Ad-aware mulai dipergunakan, yakni dengan meng-update list spyware atau meng-update Ad-aware dengan versi terbaru (jika ada).

Caranya, buka Ad-aware dan klik tombol Status di sebelah kanan atas. Kemudian, klik link Check for updates now. Maka, secara otomatis Ad-aware akan meng-update dirinya sendiri secara online.

Jika ingin mengandalkan cara offline, Anda dapat melakukan dengan mengandalkan CD yang tersedia. Pada CD1 \Utilities\Cover Story tersedia juga update untuk Ad-aware ini. Yang perlu Anda lakukan hanyalah meng-copy reference file, ke folder tempat Ad-aware terinstalasi. Selanjutnya Ad-aware Anda akan memiliki reference file yang sudah ter-update. Lakukan proses scanning. Bersihkan spyware-spyware yang masih bersarang pada PC Anda. Dengan melakukan hal ini, maka Anda akan mendapatkan sambungan Internet yang lebih cepat di kesempatan berikutnya.

Bandingkan cara pertama (online), dengan cara kedua (offline). Cara kedua akan lebih memastikan koneksi Internet yang Anda gunakan lebih optimal. Bayangkan saat melakukan browsing dan proses download reference file yang baru, dengan PC yang masih terdomplengi berbagai macam spyware.

07. Mengembalikan file bermasalah
Ada kemungkinan juga file-file yang dibersihkan menggunakan Ad-aware menjadi bermasalah. Kemungkinan ini timbul karena hilang atau termodifikasinya beberapa file yang dibutuhkan suatu aplikasi. Karena pada beberapa EULA yang tersedia memang mensyaratkan para pengguna software tersebut mensetujui adanya spyware yang terpasang dalam operating system-nya. Untuk itu, ada baiknya Anda membaca EULA yang tersedia saat menginstalasi sebuah software. Khususnya jika Anda baru saja menginstalasi sebuah software baru yang belum familiar untuk Anda.

Cara menanggulanginya cukup mudah. Saat terdeteksi list nama file yang terdeteksi oleh Ad-aware, Anda memiliki beberapa pilihan. Antara lain adalah mengarantina file yang bersangkutan. Pilihan ini adalah pilihan yang paling baik. Setelah program yang dapat berjalan dengan lancar, Anda dapat menghapusnya sehingga mendapatkan ruang free space tambahan. Anda pun juga dapat meng-exclude (mengecualikan) file-file yang sudah Anda yakini bukanlah merupakan sebuah spyware. Atau Anda tahu benar, jika file ini tidak tersedia maka sebuah program kesayangan Anda tidak akan dapat berjalan dengan sempurna.

Jika sudah terlanjur dihilangkan, Anda masih memiliki kesempatan untuk memperbaikinya. Saat Ad-aware membersihkan file ataupun registry sekalipun, software ini akan membuat file back-up. Sehingga Anda akan diberikan kesempatan kedua, dan membuat komputer Anda seperti sedia kala. Sekaligus jika memang bersarang spyware, maka spyware ini akan kembali ketempatnya seperti sedia kala.

Download Accelerator Plus
Anda yang sudah mengenal software yang satu ini tentu sudah mengenal fungsi dan kehebatannya. Bagi Anda pengguna sambungan Internet yang kurang stabil ataupun lambat tentu sering mengalami koneksi terputus secara tiba-tiba. Akibatnya proses download perlu diulang lagi dari awal. Ini adalah suatu pemborosan waktu dan uang tentu saja.

Ada beberapa tip yang dapat Anda gunakan memanfaatkan Download Accelarator Plus ini.

08. Menambahkan download dengan mudah
Jika DAP belum secara default menjadi download manager Anda, Anda tinggal menambahkan URL pada new download. Bisa juga dengan mengaktifkan download basket, kemudian menekan tombol [ins]. Jika menggunakan tab browser (seperti Opera, Netscape), yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke tab Transfers. Pilih file download yang ingin dialihkan menggunakan DAP. Klik kanan, pilih copy file information. Kemudian paste pada isian URL yang disediakan.

09. Mempermudah download game
Anda pecinta game? Dan ingin mencoba demo game terbaru yang sudah beredar? Tidak usah repot mencarinya. Tinggal pindah ke tab Games. Tunggu sampai page terload dengan sempurna. Maka Anda akan mendapatkan link-link download dari game-game terbaru. Satu-satunya yang perlu disayangkan, kebanyakan adalah hanya berupa demo.

CDex
Proses instalasi CDex akan mengingatkan sebagian besar pengguna komputer pada proses instalasi WinAmp. Sangat mirip, hanya berbeda pada proses akhirnya saja. Freeware buatan Albert L. Faber ini adalah sebuah utiliti yang bisa digunakan untuk mengekstrak file atau track Digital Audio dalam sebuah Audio CD ke dalam harddisk. Hasil ekstraknya bisa disimpan sebagai file WAV atau MP3 (MPEG-1 Audio Layer-3).

CDex membutuhkan library ASPI untuk mengatur koneksi dengan drive CD-ROM. Karena itu, pastikan komputer Anda sudah memiliki driver ASPI, sebelum menggunakan CDex. Para pengguna CD-RW yang sudah menggunakan Nero atau aplikasi burner lainnya, biasanya driver ASPI sudah terinstalasi secara otomatis.

10. Mengisi ID3 Tag secara otomatis
CDex memungkinkan penggunanya untuk mengatur nama dan struktur file hasil ekstrak. Sehingga pengguna akan memperoleh file hasil ekstraksi yang bisa mudah dikenali dari namanya. Caranya, isi detail nama artis, judul album, juga judul dari masing-masing lagu. Jika bagi Anda penting, isikan juga genre untuk musik yang bersangkutan.

Ada cara yang lebih mudah lagi, yaitu dengan memanfaatkan database dari album tersebut dari Internet. Anda dapat mencobanya dengan mengaktifkan dan mengisi nama server menjadi freedb.org. Tentu saja saat proses diperlukan koneksi ke Internet. Sayangnya, tidak semua album tersedia database-nya. Hal ini akan terasa, saat me-ripping dari penyanyi atau band Indonesia.

Isian ini akan menjadi dasar penamaan file yang akan dibuat. Anda dapat mendefinisikannya sesuai dengan kebutuhan. Dengan menggunakan ini, Anda juga mendapatkan informasi tambahan pada ID3 Tag file MP3 yang Anda hasilkan.

11. Mengatur struktur penamaan file
Masuk ke setting dengan menekan tombol [F4], buka tab Filenames. Di sini Anda diberikan keleluasaan untuk mengatur struktur penamaan file hasil ripping. Pada isian Filename Format Anda bisa mendefinisikan sesuai keinginan. Bahkan memungkinkan untuk membuat suatu folder tersendiri berdasarkan yang Anda inginkan. Untuk mendapatkan petunjuk, cukup dengan mengarahkan cursor ke arah kolom isian. Maka akan muncul penjelasan singkat yang sangat informatif.

IrfanView
Program mungil yang hanya berukuran 818 KB ini memang bagus, bahkan mengesankan. Pengategoriannya sebagai image viewer belaka sudah tidak layak lagi bagi IrfanView. Sebab, ada banyak sekali fiturnya yang berbau image editing. Misalnya batch conversion, print option, change color depth, effects (sharpen, blur, Adobe Photoshop filters), dan masih banyak lainnya.

12. Menambah kemampuan IrfanView
IrfanView memang sebuah freeware viewer yang cukup bertenaga. Namun hal ini masih dapat lebih ditingkatkan. Tambahkan plug-in untuk freeware ini. Bagi Anda yang memiliki majalah versi reguler, Anda akan menemukannya di CD ke-1 pada foder \utilities\cover story. Kumpulan plug-in khusus untuk IrfanView ini akan menambah kemampuan yang dimilikinya.

13. Capture screenshot
IrfanView juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan capture screenshot. Cukup dengan menekan tombol [C]. Tentukan capture area yang dibutuhkan. Anda juga dapat menentukan sendiri shortcut untuk melakukan capture, secara default adalah [Ctrl+F11].

14. Mengatur penamaan file
IrfanView juga dapat melakukan proses view dengan thumbnail. Cukup dengan menekan tombol [T]. Pada window thumbnail ini, Anda dapat melakukan proses rename dengan menekan tombol [F2]. Berikut juga untuk mengganti penamaan file.

K-Lite Mega Codec Pack
Anda pernah mengalami seperti gambar di bawah? Di kala Media Player bawaan Windows Anda sudah tidak berdaya. Inti permasalahan terletak pada tidak tersedianya codec untuk proses decoding file yang bersangkutan.

Untuk itu, kini saatnya Anda mulai untuk mengandalkan codec pack yang satu ini. Cukup dengan codec yang satu ini, akan memberikan kemampuan tambahan. Bahkan untuk media player standar sekelas Windows Media Player sekalipun.

15. Bernostalgia dengan Media Player Classic
Ingin bernostalgia dengan Windows Media Player klasik? Tersedia juga dalam installer ini, sekiranya pada Windows Anda yang tersisa Windows Media Player 8 ke atas. Yang memang cantik dalam interface, namun relatif lebih boros resource.

Media Player Classic (perhatikan tanpa embel-embel kata “Windows”) memiliki banyak kemiripan dengan Windows Media Player versi 6 ke bawah. Tentunya dengan kemampuan yang bertambah. Bahkan player ini mampu untuk melakukan play DVD.

Winamp 5.0.3
Meski banyak pilihan MP3 Player, namun pengguna Winamp seakan tidak berkurang. Loyalitas pengguna Winamp didasari beberapa pertimbangan. Di antaranya, penggunaannya yang mudah serta adanya peluang customize, baik skin maupun plug-in. Bahkan sejak beberapa versi terbaru, Winamp sudah bisa dijadikan video player yang lumayan bagus.

Bukan itu saja, ada beberapa hal yang bisa dioptimalkan lagi pada aplikasi gratis ini.

16. Cara cepat menambah playlist
Misalnya menambahkan playlist dengan cepat. Kita tahu, bahwa dengan adanya playlist, akan membuat kita nyaman mengumpulkan koleksi favorit dalam satu rangkaian lagu. Paling mudah tentu saja dengan melakukan drag and drop. Buka Windows Explorer, kemudian pada folder lagu Anda, pilih file lagu yang diinginkan. Bisa juga dengan multiple selection (menggunakan tombol Shift ataupun Ctrl). Kemudian seret ke window playlist yang tersedia pada Winamp.

Bisa juga Anda melakukannya dengan memanfaatkan klik kanan pada tombol mouse. Secara default, instalasi WinAmp juga akan menambahkan registry untuk hal ini. Setelah melakukan pilihan sesuai dengan keinginan, klik kanan dan pilih Enqueque in Winamp. Secara otomatis akan menambahkan file yang dipilih ke dalam playlist Anda.

Anda bisa juga mengubah option dalam preference (setup pada Winamp 2.9). Pilih file types, dalam explorer setting pilih Enqueues as default action. Jadi sekarang setiap kali Anda memilih file multimedia pada Windows Explorer, Winamp tidak akan langsung menyanyikannya. Hanya sekedar memasukkan ke dalam playlist untuk kemudian dimainkan.

17. Fungsi bookmark
Ada juga fungsi bookmark dalam Winamp yang jarang digunakan. Anda bisa menambahkan bookmark untuk lagu kesayangan Anda. Saat mendengarkan lagu yang dianggap pantas untuk masuk dalam pilihan bookmark Anda, tekan tombol [Alt + I]. Atau jika Anda memerlukan untuk mengedit bookmark yang sudah ada, maka tekan [Ctrl + Alt + I].

18. Sort sequence lagu
Last but not least, Winamp juga memungkinkan penggunanya untuk mengatur atau sort sequence lagu. Dengan pengaturan ini, maka kenyamanan menggunakan WinAmp akan lebih optimal lagi. Pada window playlist, pilih misc opts|sort list. Pilih sesuai selera.

WinZip 9.0
Siapa tidak kenal WinZip? Sebuah aplikasi archiver yang cukup populer di kalangan pengguna komputer seluruh dunia.

19. Melindungi arsip dengan password
Ada beberapa file ataupun folder yang ingin dilindungi dari pihak-pihak yang tidak berwenang? Bermodalkan WinZip Anda dapat melakukannya dengan mudah. Terdapat pilihan Password. Ini akan membuat archive dilengkapi dengan password dengan standar enkripsi Zip 2.0. Bukanlah yang terbaik, namun setidaknya mempersulit orang yang tidak berhak untuk membuka file hasil kompresi. Sebaiknya pastikan dulu file archieve terkompresi dengan sempurna. Coba buka file dengan menggunakan password yang Anda tentukan.