Sabtu, 15 November 2008

SMS Gateway Semakin Berkembang


Kepraktisan dan murahnya biaya yang dimiliki oleh SMS tidak membuatnya tersingkir dengan kehadiran MMS yang jauh lebih canggih. Bahkan saat ini, kebutuhan akan SMS semakin marak dan terus berkembang. Dengan biaya yang tidak mahal, SMS dapat menunjang proses komunikasi yang berlangsung dalam bisnis maupun organisasi Anda.

Kehadiran MMS, ternyata tidak mampu menggeser SMS yang sudah lebih dulu hadir di masyarakat. Bahkan saat ini penggunaanya terus berkembang luas. Tidak hanya untuk keperluan komunikasi personal saja, SMS juga telah menjadi bagian dari komunikasi bisnis, hiburan, perbankan sampai politik.

Dengan SMS, Anda kini dapat melakukan banyak hal yang belum dapat dilakukan dengan MMS. Seperti mentransfer uang, memilih suara, promosi produk baru, atau hanya sekadar men-download kebutuhan ponsel Anda. Semuanya dapat dilakukan oleh SMS. Mengapa tidak dengan MMS?

Meskipun MMS lebih bersifat komunikatif (karena bersifat multimedia), SMS memiliki nilai kepraktisannya dan biaya masih lebih efektif.

Salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam bisnis SMS ini adalah peranan sebuah SMS gateway. Sebuah sistem yang dipergunakan oleh penyedia jasa untuk mengirim maupun menerima SMS. Keberadaan SMS gateway ini semakin hari semakin diminati dan keberdaannya juga terus berkembang.

Pada awalnya, SMS gateway digunakan untuk memudahkan seseorang atau sebuah perusahaan untuk mengirimkan SMS dengan pesan yang sama pada banyak orang dalam waktu yang bersamaan.

Namun kini dengan sistem dan pemograman yang lebih baik, SMS gateway tidak hanya dapat mengirimkan pesan saja tetapi juga dapat dipergunakan untuk kepentingan lain. Seperti melakukan perhitungan polling, melakukan transaksi perbankan, bahkan untuk melacak keberadaan seseorang.

Menggunakan Cara Lama
Untuk Anda yang hanya ingin menggunakan SMS gateway hanya sebagai penyampai pesan saja. Maka, tidak banyak peralatan yang Anda butuhkan. Anda hanya perlu menyediakan sebuah PC dengan modem GSM, sebuah kartu GSM, dan sebuah program yang akan berfungsi sebagai pengirim pesan. Kesatuan perangkat sederhana ini juga sudah dapat dikatakan SMS Gateway. Jangan lupa Anda juga harus menggunakan sebuah kartu GSM untuk mengirim pesan.

Pada saat pesan sudah diterima oleh nomor yang dituju, maka nomor yang adapada modem Andalah yang akan keluar sebagai si pengirim. Untuk menulis pesan dengan cara ini, Anda membutuhkan seorang operator. Dan sebuah database sederhana untuk menyimpan semua nomor tujuan SMS. 
 
Untuk bentuk pengiriman yang sederhana Anda tidak memerlukan program yang terlalu rumit, bahkan program-program ini dapat Anda miliki secara cuma-cuma lewat berbagai situs di Internet. Namun untuk kepentingan yang lebih khusus atau pengiriman pesan yang terstruktur, tentu saja Anda akan membutuhkan program yang lebih khusus pula.

Ringtone
Ragam ringtone yang dimiliki oleh ponsel itu sendiri serta kemampuan ponsel menyimpan dan mengirim gambar, membuat bisnis ringtone dan gambar menjamur. Banyak perusahaan membuka usaha penyediaan ringtone dan gambar. Ringtone dan gambar ini dapat dibeli oleh seorang pengguna ponsel dengan tiga cara. Melalui premium call, dengan premium SMS, atau direct SMS (menggunakan token).

Apapun caranya, seseorang yang akan men-download harus terlebih dahulu menentukan pilihannya melalui daftar yang diberikan oleh si penyedia jasa. Sedangkan pada prosesnya masing-masing cara memiliki perbedaan-perbedaan, baik dari segi sistem maupun dari segi keuntungan.

Premium Call
Premium call, artinya menggunakan nomor premium yang memiliki trarif lebih mahal dari nomor biasa. Untuk memiliki nomor ini, Anda harus mengajukannya ke Telkom.

Jika menggunakan premium call, maka ada sebuah alat tambahan yang dinamakan IVR. Alat ini dipasang untuk mengaktifkan suara yang digunakan sebagai pengganti operator. Alat ini dipasangkan ke sebuah server untuk memproses data yang diterimanya.

Setelah data diterima dan diproses, maka server akan meneruskan datanya ke sebuah SMS gateway. Kemudian SMS gateway akan mengirim pemberitahuan pada nomor yang diinginkan dengan SMS. Melalui SMS inilah, seseorang dengan nomor yang dituju dapat mengikuti instruksi men-download, baik ringtone maupun gambar.  

Premium SMS
Sama halnya dengan premium call, tarif SMS dengan premium SMS juga akan lebih mahal dari tarif SMS biasa. Bedanya jika pada premium call, penyedia jasa meminta nomor pada Telkom, maka pada premium SMS, seorang penyedia jasa harus meminta nomor pada operator telepon. Bila ingin mendapatkan nomor yang sama, itu tandanya si penyedia jasa harus memeriksa nomor yang diinginkan ke operator. Sebab bisa saja pada oparator yang lain nomor sudah dipergunakan. Biasanya premium SMS ini menggunakan empat digit angka.

Meminta nomor premium tidak semudah yang dibayangkan. Biasanya setiap operator harus mengetahui terlebih dahulu, seberapa perlunya nomor tersebut. Jika tidak akan terlalu banyak yang akan menggunakan nomor tersebut, maka nomor tersebut tidak akan diberikan. Dan status nomor ini juga akan terus di-review setiap jangka waktu tertentu, untuk melihat kelanjutannya. Jika dianggap menurun, maka ada kemungkinan nomor ini akan dihentikan. Nilai quota yang yang cukup besar dari SMS premium inilah yang menjadikan penggunanya tidak terbatas pada satu kegiatan saja. Untuk satu nomor premium SMS dapat digunakan untuk banyak keperluan.

Direct SMS (Menggunakan Token) 
Yang disebut dengan direct SMS adalah menggunakan nomor GSM biasa. Biasanya dengan cara ini seseorang yang akan men-download harus membeli token terlebih dahulu. Sebab ketika ia mengirim SMS, maka biaya pengirimannya akan bertarif sama dengan SMS biasa. Biaya kontennya sendiri akan dibebani pada nilai token yang dibelinya.   

Ketiga cara di atas masing-masing membutuhkan sistem SMS gateway yang sangat mirip, terlebih lagi untuk proses pengiriman data (ringtone atau gambar) yang sifatnya harus melalui SMS. Namun untuk ketiganya masing-masing memiliki sistem billing yang sangat berbeda. Sedangkan untuk ringtone dan gambarnya sendiri dapat dibuat dengan software-software pembuat ringtone dan gambar yang kini juga telah banyak beredar di Internet.
 
Sayangnya bisnis ini sudah mulai ditinggalkan, mengingat teknologi ponsel sendiri telah semakin maju. Tidak hanya kita dapat membuat sendiri ringtone dengan fitur composer yang disediakan oleh beberapa ponsel, namun juga dengan kehadiran komunikasi data yang semakin tanpa batas. Membuat setiap pemilik ponsel dapat dengan bebas bertukar ringtone atau gambar tanpa harus men-download. Bahkan dengan kehadiran fitur-fitur seperti infrared, Bluetooth, dan kabel data, membuat para pengguna ponsel tidak hanya menginteraksikan ponselnya dengan sesama pemilik ponsel, namun juga dengan komputer yang tentu saja dapat melakukan lebih banyak lagi.

Kuis Berhadiah
Selain men-download ringtone dan gambar, SMS gateway juga telah diaplikasikan untuk banyak kebutuhan lain yang saat ini mulai menjamur. Di antaranya adalah layanan kuis berhadiah tidak hanya dilakukan oleh operator telepon saja, melainkan juga oleh pihak lain di luar operator telepon.

Kuis berhadiah memiliki cara yang serupa dengan permintaan ringtone dengan menggunakan SMS premium. Namun biasanya, kuis menggunakan ongkos yang lebih murah setiap pengiriman.

Jika pada ringtone, SMS gateway akan mengirimkan pesan berupa informasi yang diminta oleh si pembeli. Maka pada kuis berhadiah, komputer pada SMS gateway akan memilih acak semua nomor yang dianggap pemenang pada saat yang ditentukan, kemudian mengirimkan pengumumannya baik kepada si pemenang maupun pada si operator. 

Nomor yang digunakan untuk melakukan kuis ini sama saja ada yang melalui nomor premium ada juga yang menggunakan nomor direct. Sedangkan untuk billing-nya lebih kurang sama saja. Kecuali yang mengadakan kuis tersebut adalah operator itu sendiri, maka semua keuntungan hanya akan menjadi milik operator.

Kadang kuis berhadiah melalui SMS tidak selalu digunakan untuk menjaring keuntungan, namun juga sebagai media promosi dan pelayanan tambahan bagi pelanggan.

Polling
Salah satu manfaat SMS gateway yang sedang ramai digunakan tahun ini adalah kegunaanya sebagai media poling suara. Hal ini dapat hampir dilihat diberbagai tanyangan di televisi. Mulai dari kontes suara sampai prediksi Pemilu. Masing-masing ada yang menggunakan nomor premium ada juga yang menggunakan direct.

Sebenarnya antara sistem yang digunakan pada kuis maupun pada polling tidak jauh berbeda. Jika pada kuis berhadiah nomor pemenang akan diacak kemudian dipilih, maka pada polling jumlah nomor yang masuk akan dihitung dan masing-masing dikelompokan dengan menghitung nilai presentasenya.

Jika menggunakan direct SMS, maka seorang penyelenggara dapat langsung mengetahui perhitungannya. Sedangkan jika menggunakan premium SMS, maka penyelenggara akan mengetahui keseluruhan hasilnya saat masing-masing operator mengirimkan datanya. 

Kepentingan Lain
Dari beberapa contoh bisnis SMS di atas yang sudah mulai ditinggalkan adalah bisnis ringtone dan gambar. Hal ini disebabkan kemajuan dari teknologi ponsel itu sendiri. Mulai dari fitur komposer yang telah banyak, komunikasi data yang memungkinkan setiap ponsel dapat berinteraksi satu sama lain juga terhadap komputer. Dan maraknya software imaging yang tersedia secara cuma-cuma di Internet telah mendorong bisnis ini mengalami kemunduran dari tahun ke tahun. Tetapi untuk bisnis SMS gateway-nya sendiri malah semakin berkembang.

Seperti yang diungkapkan oleh Abimanyu P. K. Wachjoewidajat, Direktur PT Inovassi Mitra Solusindo bahwa saat ini banyak MLM yang juga menggunakan jasanya untuk membangun sebuah SMS gateway yang dapat memudahkan para anggota MLM tersebut untuk melihat status point yang dimilikinya. Pada kesempatan yang sama, Abimanyu juga mengatakan bahwa saat ini perusahaannya juga tengah mengembangkan SMS gateway untuk keperluan pelelangan. Yang nantinya diharapkan masyarakat dapat melelang atau membeli barang lelangan melalui SMS.

Sebenarnya, banyak aplikasi lain yang dapat menggunakan SMS. Seperti transkasi perbankan yang juga telah banyak dilakukan oleh beberapa bank multinasional seperti BCA dan Mandiri. Selain bank, ada juga beberapa kartu kredit yang juga memberikan pelayanannya melalui SMS. Bahkan memesan taksi, kini dapat dilakukan dengan SMS.

SMS gateway juga dapat digunakan sebagai media komunikasi yang efektif dan efisien dalam sebuah organisasi yang memiliki anggota cukup banyak. Misalnya untuk menginformasikan sebuah pertemuan atau hanya sekadar memberitahukan informasi singkat.

Semua layanan ini menggunakan SMS gateway yang berintegrasi dengan database bank maupun kartu kredit tersebut. Oleh sebab itu, sebelum memanfaatkan layanan ini seorang pelanggan dianjurkan untuk mendaftarkan nomornya terlebih dahulu. Agar layanan SMS ini dapat langsung berinteraksi dengan rekening pelanggan.

Billing System
Jika menggunakan nomor direct atau langsung, maka operator telepon tidak akan mendapatkan apapun kecuali tarif SMS yang biasa. Sedangkan jika menggunakan nomor premium, biasanya akan terjadi pembagian fifty-fifty antara operator dan content provider setelah dipotong tarif SMS. Jika seorang content provider bekerja sama dengan perusahaan penyedia SMS gateway, maka nilai setengah yang dimiliki oleh content provider akan terbagi lagi menurut perjanjian bisnis tersendiri. Contoh saja untuk pembelian ringtone yang bertarif Rp5000/ringtone, maka hitungannya akan seperti ini:

Rp350 untuk biaya SMS, Rp2.325 untuk operator dan content provider. Jika content provider bekerja sama dengan perusahaan lain dalam pengadaan gambar atau sistem, maka dari Rp2.325 yang dimilikinya akan terjadi pembagian kembali. 

Sedangkan jika menggunakan token, maka system pada content provider harus terhubung pada database pelanggan atau token tersebut agar billing dapat dilakukan. Sedangkan seorang pelanggan hanya akan mengalami pemotongan Rp350 saja untuk biaya SMS dan operator tidak akan mendapatkan bagian apapun. Namun untuk tarif token-nya dapat bervariasi. Misalnya satu token akan bernilai Rp1000 atau Rp2000, dan seterusnya.

Bagi Anda yang ingin membuka usaha dengan menggunakan SMS gateway, dapat memilih di antara ketiga cara yang ada. Bagi yang ingin memiliki nomor premium SMS, Anda harus mengajukannya pada operator GSM yang ada. Masing-masing operator memiliki ketersedian nomor yang berbeda-beda, sehingga untuk mendapatkan nomor yang sama pada ketiga memang agak sulit. Sedangkan jika ingin menggunakan sistem direct SMS, Anda hanya perlu membeli satu kartu GSM saja.

Perangkat Utama
Pada bagian atas telah diterangkan perangkat sederhana dalam membuat SMS gateway. 
Sebenarnya untuk aplikasi yang lain tidak membutuhkan perangkat yang berbeda, hanya saja software-nya perlu pengembangan. Jika pada cara lama, program yang digunakan hanya dapat digunakan untuk memproses pesan yang akan dikirim. Sedangkan pada aplikasi lebih lanjut, misalnya untuk polling dan sebagainya membutuhkan program yang juga mampu memproses SMS yang masuk. Seperti mengelompokkan pilihan-pilihan yang ada dalam SMS atau melakukan perhitungan jumlah SMS yang masuk.

Program-program ini biasanya memang tidak tersedia gratis lewat Internet. Sebab program-program tersebut harus didesain sedemikian rupa agar dapat mencukupi kebutuhan aplikasi. Program-program ini juga akan bertambah rumit jika harus berinteraksi dengan sebuah komputer database.

Sedangkan untuk operating system yang digunakan oleh komputer tersebut dapat bervariasi. Untuk sistem yang tertutup dapat menggunakan operating system Windows yang lebih user friendly, sedangkan untuk sistem yang terbuka (terhubung ke Internet) dapat mengunakan Linux agar lebih aman.

Sedangkan untuk operating system yang digunakan oleh komputer tersebut dapat bervariasi. Untuk sistem yang tertutup dapat menggunakan operating system Windows yang lebih user friendly, sedangkan untuk sistem yang terbuka (terhubung ke Internet) dapat menggunakan Linux agar lebih aman.

Tidak ada keterbatasan dalam memilih operating system, sehingga hal tersebut tidak perlu dibingungkan. Satu sama lain memiliki kelebihan dan kekurangannya. Begitu pula dari segi biaya, tidak ada yang lebih murah. Jika menggunakan operating system Windows, Anda harus membayar harga produknya. Maka dengan menggunakan Linux, Anda harus membayar service-nya.

Dari artikel di atas juga dapat disimpulkan bahwa SMS gateway tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja usaha dan bisnis saja. Melainkan juga menjaga efektifitas dan efisiensi dalam berkomunikasi. Dan dengan pilihan sistem yang beragam serta biaya yang tidak terlalu tinggi.

Jika Anda membutuhan sebuah program khusus untuk SMS gateway, kini sudah banyak perusahaan TI yang menyediakan jasa pemograman untuk SMS sateway. Sehingga tidak perlu sulit lagi membuatnya sendiri.

Fadilla Mutiarawati